Turis Miskin dan Pelit di Pariwisata Nusa Tenggara Timur

Senin, 2 Desember 2019 10:42 Reporter : Idris Rusadi Putra
Turis Miskin dan Pelit di Pariwisata Nusa Tenggara Timur Turis berjemur di Kuta. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Abed Frans menyebut bahwa banyak wisatawan mancanegara (wisman) atau turis yang berwisata ke daerah itu merupakan wisatawan yang pelit belanja wisata.

"Banyak wisman yang pelit ketika berwisata ke NTT, mereka tidak mau menggunakan jasa operator tur, jasa pemandu, tidak menyewa kendaraan," kata Abed dikutip dari Antara, Senin (2/12).

Dia mengatakan hal itu berkaitan dengan pernyataan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat beberapa waktu lalu yang melarang wisatawan tak berduit berwisata ke daerah itu.

Viktor Laiskodat mengatakan bahwa wisatawan yang tak berduit atau bukan termasuk golongan orang kaya dilarang berwisata di NTT, karena kawasan wisata di NTT dirancang menjadi destinasi wisata kelas premium.

"Oleh karena itu wisatawan yang miskin jangan datang berwisata ke NTT, karena memang sudah dirancang untuk wisatawan yang berduit," katanya.

1 dari 1 halaman

Siapa Turis Miskin Dimaksud?

miskin dimaksud rev1

Menurut Abed Frans, wisatawan miskin yang dimaksud orang nomor satu di NTT itu tentunya diarahkan kepada wisatawan mancanegara yang pelit dari sisi belanja wisata.

"Jadi soal wisatawan miskin ini tidak bisa kita artikan secara bulat begitu saja, tetapi diarahkan pada wisman yang pelit saat berwisata ke daerah ini," katanya.

Wisatawan yang pelit, lanjut dia, tidak mengeluarkan belanja wisata yang banyak sehingga tidak memberikan kontribusi besar bagi pendapatan berbagai sektor usaha di daerah wisata.

"Karena mereka tidak menyewa kendaraan, tidak pakai jasa operator tur, pemandu wisata dan lainnya," kata pemilik operator tur PT Flobamor Tours itu.

Dia menambahkan tipikal wisatawan seperti ini banyak ditemukan di lapangan saat berwisata ke NTT. [idr]

Baca juga:
Jokowi Harap Infrastruktur Pendukung 5 Bali Baru Rampung 2020
Intip Resep Sukses Pengobatan Mak Erot Hingga Mampu Raup Rp 3,5 Juta per Tamu
Ditata Ulang, Pelabuhan Benoa Bakal jadi Pintu Masuk Wisatawan Kelas Dunia
Indonesia Negara Nomor Satu Destinasi Wisata Terbaik Dunia Versi Majalah AS
Ada Lomba Lari, Tol Bali Mandara Ditutup Sementara pada 15 Desember

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini