Turis Australia tak bebas visa ke Indonesia bukan karena Bali Nine

Senin, 16 Maret 2015 21:12 Reporter : Muhammad Sholeh
Turis Australia tak bebas visa ke Indonesia bukan karena Bali Nine Indonesia-Australia. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah menambah panjang daftar negara-negara yang bebas visa ke Indonesia. Setidaknya ada 30 negara yang bakal bebas visa. Dengan tambahan ini, total ada 45 negara bebas berkunjung ke Indonesia tanpa harus memiliki visa.

Yang menarik, dari tambahan 30 negara bebas visa itu, tidak ada nama Australia. Menteri Pariwisata Arief Yahya langsung mengatakan, kebijakan ini tak ada kaitannya dengan kondisi hubungan Indonesia-Australia yang tengah memanas setelah Presiden Joko Widodo berkukuh menghukum mati dua warga negara Australia atas kasus Bali Nine. Bukan juga karena Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengancam memboikot pariwisata Bali.

"Tidak ada kaitan (hukuman mati Bali Nine)," ujar Arief di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/3).

Dia menjelaskan, tak masuknya Australia dalam daftar pembebasan visa karena negara tersebut berlaku visa universal. Artinya, setiap warga negara lain yang masuk ke Australia wajib memiliki visa. Jika Indonesia memberikan pembebasan visa, maka itu tidak adil. Mengingat WNI yang ke Australia harus mengantongi visa.

"Kalau kita berikan (bebas visa), kita juga harus diberikan. Meski kita akan berikan dulu, ya tidak bisa," ucapnya.

Namun bukan berarti tertutup kemungkinan pembebasan visa untuk Australia. Jika negeri Kanguru itu berkenan memberikan bebas visa untuk Indonesia, maka pemerintah juga memberlakukan hal serupa. Seperti yang disepakati dengan 30 negara lainnya.

"Saya bisa yakinkan kemenlu dan presiden untuk buka bebas visa ke Australia," imbuhnya.

Dia tidak menampik kebijakan ini keluar untuk menggenjot peningkatan kunjungan wisatawan ke Indonesia. Pemerintah menargetkan adanya tambahan 1 juta wisatawan. Pemerintah juga mengincar pemasukan dari kunjungan wisatawan. Ditargetkan, 1 juta wisatawan setara dengan USD 1 miliar. Hitungannya, satu wisatawan asing sekitar USD 1.000-1.200.

"Nah kita harapkan dari kebijakan ini pelayanan kita akan bagus karena orang kalau mau ke Indonesia tidak perlu pusing lagi dengan visa, yang kedua jumlahnya akan meningkat," paparnya.

Soal pembebasan visa, Indonesia masih kalah dibanding negara lain. Sebut saja Malaysia yang memberikan bebas visa untuk 164 negara, Thailand 56 negara. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini