Tren Belanja Online Meningkat 3 Kali Lipat di Awal Ramadan 2021

Senin, 3 Mei 2021 15:17 Reporter : Sulaeman
Tren Belanja Online Meningkat 3 Kali Lipat di Awal Ramadan 2021 e-commerce. © mytotalretail.com

Merdeka.com - Continuum Data Indonesia melaporkan tren belanja online meningkat tiga kali lipat di awal Ramadan 2021. Hal tersebut diperoleh melalui riset terkait perilaku konsumen di tengah pandemi Covid-19 yang dilakukan pada 1 April hingga 25 April 2021.

"Peningkatan tren belanja online hingga 3 kali lipat itu tercapture dalam pendekatan melalui big data secara yang mencakup 1,204,102 pembicaraan di media sosial dari 934,671 akun media sosial," imbuhnya dalam acara Diskusi Online Indef bertajuk Ekonomi Ramadan 2021, Lesu atau Bergairah? Analisis Perilaku Konsumen Melalui Pendekatan Big Data, Senin (3/5).

Azzam mengungkapkan, adanya kenaikan tren belanja online di awal bulan puasa tersebut tak lepas dari dampak pandemi Covid-19. Menyusul terbatasnya ruang gerak masyarakat untuk beraktivitas di luar rumah selama pandemi berlangsung.

"Jadi, mungkin karena pandemi orang juga masih banyak memutuskan untuk belanja secara online," terangnya.

Sementara itu mayoritas topik pembicaraan tren peningkatan belanja online di media sosial banyak disumbang oleh terkait pencarian baju lebaran. "Sekitar 26 persen konsumen yang membicarakan soal baju lebaran," terangnya.

Topik selanjutnya yang ramai diperbincangkan terkait belanja online ialah drama online shop, diskon online shop, serta kuis dan giveaway oleh sejumlah e-commerce. Kemudian topik hangat lainnya yaitu rekomendasi barang dan toko, ikut program berhadiah, hingga dapetin diskon belanja. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini