KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Transgasindo tambah kompressor untuk tingkatkan kapasitas pipa

Senin, 17 Desember 2012 13:22 Reporter : Saugy Riyandi
pipas gas. shutterstock

Merdeka.com - PT Transportasi Gas Indonesia (Transgasindo) akan meningkatkan volume gas di jalur Grissik Sumatera-Singapura dengan tambahan kompresor baru di Jabung Sumatera. Saat ini, Transgasindo telah mempunyai pipa sepanjang 1.000 kilometer (km).

Corporate Secretary Transgasindo Ivan Irawan mengatakan Transgasindo siap membangun fasilistasnya dengan menambah kompresor baru di Jabung tahap II. Harapannya, bisa meningkatkan volume gas dari 465 juta kaki kubik per hari (million metric standart cubic feet per day/mmscfd) menjadi 600 mmscfd untuk jalur Grissik- Singapura.

"Menghadapi masa depan, Transgasindo siap meningkatkan kinerja dan mempelajari segala kemungkinan untuk memenuhi sumber energi yang diutamakan bagi kebutuhan dalan negeri," ujar Ivan di Kantornya, Senin (17/12).

Selain itu, lanjut Ivan, untuk membangun jaringan pipa tersebut, pihaknya telah membangun aset yang dimiliki Transgasindo yaitu 3 stasiun kompresor di Sakernan, Belilas dan Jabung Sumatra, 3 stasiun metering di Duri Riau, Panaran Batam dan Pemping Kepulauan Riau.

"Transgasindo juga memiliki kontrak transportasi gas (Gas Transportation Agreement/GTA) berjangka panjang hingga tahun 2023," tegasnya.

Untuk itu, Transgasindo berencana membangun fasilitas dengan menambah stasiun kompresor baru di Jabung (Sumatra) tahap II yang akan meningkatkan volume gas bagi jalur Grissik-Singapura.

"Komitmen perusahaan ini tentunya tidak terlepas dari dukungan penuh para pemegang saham baik dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk sebesar 59,87 persen, Transasia Pipeline Company Pvt.Ltd sebesar 40 persen dan Yayasan Kesejahteraan Pegawai dan Pensiunan Gas Negara sebesar 0,13 persen," jelasnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Migas

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.