Trainset ke-31 Meluncur, LRT Jabodebek Siap Beroperasi di 2022

Kamis, 14 Oktober 2021 15:30 Reporter : Merdeka
Trainset ke-31 Meluncur, LRT Jabodebek Siap Beroperasi di 2022 LRT. ©Liputan6.com/Ratu Annisaa Suryasumirat

Merdeka.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyebut bahwa proses pelepasan LRT Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek) trainset ke-31 menjadi momentum penting. Sebab, moda transportasi canggih ini ditargetkan beroperasi pada 2022 mendatang.

"Pelepasan trainset 31 LRT Jabodebek pada hari ini merupakan momentum penting dalam pengoperasian, yang direncanakan dilakukan pada tahun depan," kata Menhub Budi, diwakili Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, Kamis (14/10).

Pelepasan LRT Jabodebek trainset 31 ini sekaligus menjadi bukti rampungnya pembuatan rangkaian yang dilakukan oleh PT INKA (Persero) dengan total 186 car.

"Saat ini pemberangkatan LRT Jabodebek sekaligus menandai selesainya semua produksi sebanyak 186 car oleh PT Inka," katanya.

LRT Jabodebek ini telah menggunakan teknologi yang lebih canggih dari teknologi yang telah digunakan sebelumnya. Teknologi ini adalah peningkatan dari yang sebelumnya diterapkan dalam MRT Jakarta.

"Yang memungkinkan kereta dapat dioperasikan melalui sistem komputer secara otomatis dan realtime sehingga tidak memerlukan masinis dalam armada LRT," katanya.

Dengan demikian, ini akan bergerak dengan tepat waktu serta penerapan penjadwalan yang lebih sistematis. "Sehingga mampu mempercepat headway kurang dari 3 menit," katanya.

Baca Selanjutnya: Pilihan Transportasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini