Tradisi kursi Menteri Keuangan milik FE Universitas Indonesia

Senin, 27 Oktober 2014 09:03 Reporter : Wisnoe Moerti
Tradisi kursi Menteri Keuangan milik FE Universitas Indonesia Mahasiswa Universitas Indonesia. ©2014 Merdeka.com/Mustiana Lestari

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla akhirnya mengumumkan sekaligus memperkenalkan jajaran menteri-menteri kabinet kerja untuk periode 2014-2019 di halaman Istana Negara, Minggu (26/10). Beberapa nama berasal dari kalangan profesional dan akademisi.

Bila ditilik dari latar belakang pendidikan para pembantu presiden itu, Universitas Indonesia (UI) paling banyak menyumbangkan alumninya. UI menempatkan lulusan terbaiknya di enam kementerian. Lembaga pemerintah bidang perekonomian, seperti tradisi kabinet sebelumnya, masih dikuasai kampus kuning yang berlokasi di Depok, Jawa Barat itu.

Salah satunya Bambang Brodjonegoro. Mantan Wakil Menteri Keuangan ini merupakan anak bungsu dari begawan ekonomi Indonesia, Soemantri Brodjonegoro. Dia tak lain adalah mantan Menteri ESDM era Presiden Soekarno. Bambang mengawali karirnya sebagai dosen Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Bahkan, pria yang lahir di Jakarta ini diminta menjadi Dekan FEUI pada 2005 lalu.

Bambang menyelesaikan studinya di FEUI pada 1990. Setahun kemudian, dia langsung melanjutkan pendidikan formal tingkat magister di University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat, sekaligus melanjutkan program doktoral di universitas yang sama hingga 1995.

Karir pria kelahiran Jakarta ini cukup drastis. Usai menjadi dosen FEUI, Bambang diminta menjadi ketua kajian permasalahan ekonomi di Indonesia. Kini, Bambang Brodjonegoro melanjutkan tongkat estafet bendahara negara yang sebelumnya hampir selalu menjadi milik jebolan UI. [noe] SELANJUTNYA

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini