Tol yang Dilengkapi Terowongan untuk Gajah Target Beroperasi April 2020

Kamis, 20 Februari 2020 12:54 Reporter : Merdeka
Tol yang Dilengkapi Terowongan untuk Gajah Target Beroperasi April 2020 Ruas Tol Pekanbaru-Dumai. ©Liputan6.com

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyatakan ruas tol Pekanbaru-Dumai ditargetkan akan beroperasi penuh April 2020 mendatang. Sehingga diharapkan ruas tol ini bisa melayani arus mudik saat liburan Idul Fitri 2020.

Pembangunan ruas tol Pekanbaru-Dumai seksi 1, Pekanbaru-Minas, sendiri sudah rampung. Di mana, persentase pembebasan lahan sudah mencapai 99 persen.

"Diharapkan bisa operasional penuh April (2020) sebelum Lebaran. Besok seksi 1 dijadwalkan akan ditinjau pak Presiden untuk dilihat kesiapan dan kelengkapannya," ujar Menteri Basuki saat ditemui usai meninjau MTsN 3 Pekanbaru, Kamis (20/02).

Ruas tol ini memiliki panjang 131 kilometer (Km) dengan nilai investasi Rp 16,2 triliun serta mulai dibangun 2016 lalu. Uniknya, tol yang memiliki 6 seksi ini bisa dilalui oleh gajah yang hidup di hutan sekitar tol.

Terowongan khusus gajah tersebut terletak di seksi 4 dan 5 serta bisa dilintasi hingga 100 ekor gajah. Nantinya setelah diresmikan, jalan tol Pekanbaru-Dumai akan memangkas waktu perjalanan yang sebelumnya sampai 6-7 jam jadi hanya 2-3 jam saja.

1 dari 1 halaman

6 Titik Terowongan Gajah

terowongan gajah

Demi menyelamatkan enam jalur yang biasa dilalui gajah akan dibangun underpass di bawah flyover Tol Pekanbaru-Dumai. Meski agak sedikit mengubah jalur gajah, namun pihak Hutama Karya yang mengerjakan proyek jalur gajah sedemikian rupa hingga tampak seperti alami.

Pimpinan Proyek Pekanbaru-Dumai Seksi 3-4 dari PT Hutama Karya (HK), Dinny Surya Kencana, mengatakan pembangunan itu dilakukan agar satwa bergading itu bisa tetap bebas berkeliaran dan melintas di habitatnya, namun tidak mengganggu pengguna jalan tol.

"Dalam pengerjaan proyek tol itu, akan dibangun enam perlintasan gajah. Satu di Sungai Tekuana, dan lima lainnya di Seksi 4 dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja," ujar Dinny Senin (27/5).

Perlu diketahui, proyek tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,48 kilometer merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera yang merupakan program strategis nasional. Kementerian PUPR sebenarnya sudah mendesain agar jalan tol dibangun tidak melalui kawasan konservasi, namun jalan tol tidak dapat mengelak dari areal jelajah (homerange) gajah.

Untuk itu, BUMN dan pemerintah sepakat membuat jalur perlintasan khusus gajah. Perlintasan gajah yang pertama berada di Sungai Tekuana lokasinya di seksi 2 dan tidak jauh dari Pusat Latihan Gajah Minas di Kabupaten Siak. Di kawasan itu terdapat sedikitnya 13 gajah sumatera liar.

Sedangkan ima perlintasan lainnya berada di Seksi 4. Masing-masing berada di STA 61 atau 61 kilometer dari Pekanbaru, STA 69+154, STA 71+992, STA 73 dan STA 74+400.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6

[bim]

Baca juga:
Tertimpa Crane, Pekerja Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Tewas
Waskita Beton Precast Dapat Kontrak Rp1,2 Triliun Bangun Tol Trans Sumatera
Konstruksi Tol Indralaya-Prabumulih Terkendala Pembebasan Lahan
Bulan Depan, Presiden Jokowi Bakal Resmikan Tol Palembang-Kayuagung
Pembangunan Tol Trans Sumatera Bukti Kinerja Jokowi yang Harus Diapresiasi
Gubernur Sumut Ingin Tanami Tol Trans Sumatera dengan Pohon Jengkol

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini