Tol Trans Jawa Beroperasi, Jumlah Penumpang Libur Natal di Bandara Adi Soemarmo Turun

Senin, 7 Januari 2019 14:26 Reporter : Arie Sunaryo
Tol Trans Jawa Beroperasi, Jumlah Penumpang Libur Natal di Bandara Adi Soemarmo Turun Bandara Adi Soemarmo. ©2014 merdeka.com/arie sunaryo

Merdeka.com - Volume penumpang di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo selama masa liburan Natal dan Tahun Baru turun hingga 34 persen. Jika tahun lalu tercatat 183.564 orang, tahun ini hanya 120.876 penumpang.

Berdasarkan data dari Posko terpadu di bandara, penurunan tak hanya terjadi pada jumlah penumpang. Namun juga diikuti penurunan jumlah kargo dan pergerakan pesawat.

"Untuk pergerakan pesawat turun 28 persen, tahun 2017 sebanyak 1.244 menjadi 893, untuk penumpang dari 183.564 menjadi 120.876 dan cargo turun 27 persen dari 437.024 menjadi 318.326," ujar Airport Operation and Services Department Head PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Iwan Novi H, disela penutupan posko, Senin (7/1).

Iwan memprediksi, penurunan tersebut dikarenakan adanya dukungan transportasi darat. Yakni dengan telah dioperasikannya jalan tol Trans Jawa yang melewati Kota Solo dan sekitarnya. Sehingga waktu perjalanan dari kota lain ke Solo bisa dipangkas.

Iwan menambahkan, pelaksanaan angkutan Natal dan Tahun Baru di Adi Soemarmo berjalan dengan lancar, terkendali dan aman. Meskipun saat ini cuaca ekstrem, namun tidak ada kejadian yang tidak diharapkan.

Posko angkutan Natal dan Tahun Baru Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo telah dilaksanakan mulai 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019. Penutupan juga dihadiri oleh Airlines, Airnav, KKP, TNI AU dan Anak Perusahaan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah turut melaksanakan Posko Terpadu Nataru, sehingga Posko terlaksana dengan lancar, terkendali dan aman. Meskipun saat ini cuaca ekstrem, tetapi Alhamdulillah tidak ada kejadian yang tidak diharapkan." [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini