Tol Kunciran-Serpong Diharapkan Tersambung ke Bandara Soekarno-Hatta Maret 2020

Jumat, 6 Desember 2019 13:33 Reporter : Siti Nur Azzura
Tol Kunciran-Serpong Diharapkan Tersambung ke Bandara Soekarno-Hatta Maret 2020 Target pembangunan tol kunciran serpong. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berharap, Tol Kunciran-Serpong akan tersambung langsung ke ruas tol Bandara Soekarno-Hatta pada Maret 2020.

"Ini tentunya Maret 2020 sudah tersambung ke bandara, dari Kunciran langsung ke bandara bisa," kata Basuki di Jakarta, dikutip Antara, Jumat (6/12).

Dia menjelaskan, untuk ruas tol ke arah sebaliknya, perkembangannya masih di Cimanggis-Bitung yang status tanahnya masih dalam upaya pembebasan. Terkait progres ruas Tol Kunciran-Serpong- Cinere, Menteri PUPR menyampaikan bahwa tol tersebut diharapkan dapat rampung pada semester II tahun 2020.

"Menurut ibu Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani tadi malam, tol itu diharapkan rampung pada semester II tahun 2020," kata Menteri Basuki.

1 dari 1 halaman

Diresmikan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan meresmikan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 ruas Kunciran-Serpong siang ini. Tol ini merupakan salah satu ruas dari enam ruas tol yang menjadi bagian proyek JORR II, di mana tol Kunciran-Serpong memiliki panjang hingga 11,19 Km.

"Kami infokan pada Jumat (6/12) akan diresmikan Tol JORR 2 Kunciran-Serpong oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo," ujar Humas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dikutip Antara, Jumat (6/12).

Menurut data dari Kementerian PUPR, pembangunan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II sepanjang 109,57 kilometer yang melingkar dari Bandara Soekarno Hatta, Cinere, Cimanggis hingga Pelabuhan Tanjung Priok ini diharapkan dapat mengurangi beban Tol JORR I yang sudah semakin padat.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan saat ini untuk uji layak fungsi atau ULF tol Kunciran-Serpong sudah dilakukan, dan tinggal menunggu sertifikat layak operasi dari Direktur Jenderal Bina Marga. [azz]

Baca juga:
Presiden Jokowi akan Resmikan Tol Kunciran-Serpong
BPJT Pertimbangkan Penyesuaian Tarif Tol Jakarta-Cikampek
Tarif Tol Layang Jakarta-Cikampek akan Digratiskan Hingga Akhir 2019
Presiden Jokowi Target Jalan Akses Menuju Pelabuhan Patimban Rampung Juni 2020
Ada Lomba Lari, Tol Bali Mandara Ditutup Sementara pada 15 Desember
Bos Waskita Karya Soal Air Terjun di Tol Becakayu: Cuma Insidental

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini