Tokopedia Resmi Luncurkan Layanan Umrah, Berikut Fasilitasnya

Rabu, 27 November 2019 16:58 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Tokopedia Resmi Luncurkan Layanan Umrah, Berikut Fasilitasnya Tokopedia. ©2018 Tokopedia

Merdeka.com - Tokopedia secara resmi meluncurkan Tokopedia Umroh, yang merupakan bagian dari ekosistem Tokopedia Salam. Tokopedia berkolaborasi dengan para mitra strategis dari berbagai agen umrah resmi, untuk membangun ekosistem di mana masyarakat dipermudah dalam menunaikan ibadah umrah ke tanah suci, sekaligus mendukung pemerataan ekonomi syariah di Indonesia secara digital.

"Kami bekerja sama dengan puluhan agen resmi terkurasi dengan standar layanan yang baik untuk mempermudah persiapan pengalaman beribadah Umroh dan saat melakukan perjalanan di Saudi Arabia," kata Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda, di Jakarta, Rabu (27/11).

Selain itu, masyarakat juga semakin dipermudah dalam melakukan pembayaran cicilan tanpa riba untuk paket umrah di Tokopedia Umroh. "Hanya dengan membayar uang muka terlebih dahulu, untuk kemudian melakukan pelunasan sebelum keberangkatan ke tanah suci," jelas dia.

Terkait jumlah agen perjalanan, sejauh ini Tokopedia sudah bekerja sama dengan 20 travel agent. Ke-20 travel agent itu sudah mengantongi izin dari Kementerian Perdagangan.

Tokopedia sendiri telah memiliki sejumlah langkah untuk memastikan agar calon jemaah mendapatkan pelayanan prima. Dengan demikian, kasus penggelapan dana nasabah seperti yang pernah terjadi tidak terulang lagi.

"Ada beberapa step, kita bekerja sama, mengecek ke industri internal. Apa mereka punya tunggakan kepada beberapa partner. Apa selama ini pembayaran lancar. lalu kita juga cross check kepada beberapa asosiasi untuk apakah mereka punya pengalaman buruk dari jemaah yang pernah diberangkatkan. Pastinya kita selalu check apa surat izinnya yang diberikan Kementerian Agama masih aktif atau tidak," imbuhnya.

Hal tersebut penting mengingat bisnis yang dibangun Tokopedia selama ini berbasis pada kepercayaan masyarakat. Karena itu kepercayaan harus dijaga. "Kita memilih partner yang bisa menjamin mereka bisa memberangkatkan jemaahnya. Jadi bila memang ada pembatalan yang dilakukan oleh travel agent, kita akan mengembalikan dana kepada jemaah," jelasnya.

1 dari 2 halaman

Fesyen Muslim

Selain perjalanan ibadah umrah, Tokopedia juga menghadirkan lebih dari 21 juta produk yang terkurasi oleh lebih dari 700 ribu penjual untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk berbagai produk makanan, minuman, fesyen, dan kecantikan dengan lebih lengkap, mudah, dan amanah di Tokopedia Salam.

Fesyen muslim menjadi salah satu kebutuhan yang banyak dicari masyarakat Indonesia. Tokopedia mencatat, ada lebih dari 85 persen pengguna memiliki kebutuhan akan berbelanja fesyen muslim. Menjawab kebutuhan tersebut, Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai kreator lokal di industri fesyen muslim termasuk Ria Miranda, Zoya, SAYEE dan lainnya untuk menghadirkan beragam karyanya lewat Tokopedia Salam.

Sejak peluncuran, Tokopedia Salam mengalami peningkatan kunjungan sebesar 45 persen dari bulan September hingga Oktober 2019. Selain produk makanan, minuman, fesyen, kosmetik dan perlengkapan ibadah, Tokopedia Salam juga menawarkan sederet kemudahan untuk pilihan lengkap berinvestasi secara syariah dengan Tokopedia Emas serta Reksa Dana Syariah.

Pada akhir kuartal III-2019, transaksi Tokopedia Emas meningkat hingga lebih dari 5 kali lipat dibandingkan akhir kuartal I-2019. Pada periode yang sama, pengguna Tokopedia Emas juga meningkat hampir 5 kali lipat.

Selain itu, dari bulan Mei hingga Oktober 2019, Tokopedia Reksa Dana Syariah mengalami peningkatan nilai transaksi hampir 2 kali lipat serta peningkatan total tabungan terakumulasi sebesar lebih dari 4 kali lipat.

2 dari 2 halaman

Donasi Lewat Tokopedia Salam

Bersamaan dengan peluncuran Tokopedia Umroh, Tokopedia juga mengumumkan kampanye berdonasi melalui Tokopedia Salam. Kini masyarakat dipermudah menyalurkan bantuan berupa sedekah, kurban dan zakat secara transparan dan sesuai preferensi masing-masing dalam satu tempat yaitu Tokopedia Salam.

Kampanye donasi ini juga akan menjadi kampanye berkelanjutan, di mana setiap partner donasi Tokopedia Salam akan dapat mengajukan inisiatif sosial untuk ditinjau, dikurasi dan didukung oleh Tokopedia Salam.

Selain itu, Tokopedia juga telah bekerja sama dengan sejumlah lembaga kemanusiaan seperti NU Care-LAZISNU, Rumah Yatim, Dompet Dhuafa, Baznas dan mitra lainnya untuk memungkinkan masyarakat Indonesia, khususnya pengguna Tokopedia, bersedekah, berkurban hingga berzakat. Masyarakat bisa memilih sendiri lembaga penyalur bantuan sesuai preferensi masing-masing.

"Tokopedia Salam merupakan solusi dari hulu ke hilir, mulai dari ketersediaan produk dan layanan, hingga pembayaran, bagi masyarakat yang memiliki kebutuhan akan produk dan layanan yang baik. Melalui Tokopedia Salam, para penjual dan agen umrah resmi dapat berevolusi menjadi perusahaan teknologi yang bisa beradaptasi dengan perkembangan era dan kebutuhan masyarakat, juga memiliki akses dan jangkauan pasar yang lebih luas, sesuai dengan misi pemerataan ekonomi syariah di Indonesia secara digital," imbuh Garri. [azz]

Baca juga:
Layani Penerbangan Umroh, Citilink Datangkan 3 Pesawat A330 di 2020
Kisah Haru Henri, Driver GrabCar Dapat Hadiah Umrah Bersama Istri
Grab dan Umroh.com Terbangkan 37 Pengemudi GrabCar Umrah dan Liburan ke Turki
Jaksa Agung Tegaskan Aset First Travel Seharusnya Dikembalikan ke Korban
LPSK : Negara Ambil Keuntungan Dari Kasus Kasus First Travel

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini