Tokopedia dan IFW 2018 kerja sama kembangkan bisnis fesyen lewat e-commerce

Jumat, 26 Januari 2018 18:22 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Tokopedia dan IFW 2018 kerja sama kembangkan bisnis fesyen lewat e-commerce Indonesai Fashion Week. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Tokopedia menjalin kolaborasi dengan ajang fesyen terbesar, Indonesia Fashion Week (IFW) 2018. Kolaborasi ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda yang siap untuk memulai dan mengembangkan bisnis fesyen lewat e-commerce.

Selain itu, salah satu marketplace terbesar di Indonesia ini juga memfasilitasi perancang busana lokal yang berpartisipasi dalam IFW untuk mengembangkan bisnisnya secara daring melalui platform Tokopedia. Sinergi keduanya juga fokus untuk memberikan bimbingan berbisnis kepada para desainer muda, dalam bentuk kompetisi bergengsi Indonesia Young Fashion Designer Competition (IYFDC).

"Di Tokopedia kami percaya kreator lokal adalah penggerak ekonomi Indonesia. Inisiatif seperti IFW menjadi ajang penting bagi desainer lokal untuk memperkenalkan karyanya kepada audience yang lebih luas. Sejalan dengan semangat Tokopedia untuk mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital," ujar Chief of Staff Tokopedia, Melissa Siska Juminto dalam konferensi pers IFW 2018, di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (26/1).

Lanjutnya, lewat kolaborasi ini Tokopedia ingin mengedukasi bahwa siapa saja bisa memulai dan membangun bisnis tanpa harus pindah ke kota yang lebih besar. Sekaligus memastikan bahwa siapa saja bisa mendapatkan produk dengan kualitas yang sama dengan yang dijual di kota besar.

"Semoga kolaborasi ini berdampak strategis dalam memajukan industri mode di Indonesia," katanya.

Sejak pertama diselenggarakan pada tahun 2014, IYFDC telah berhasil mencetak para desainer muda yang karya-karyanya diterima dengan baik oleh pecinta fesyen Indonesia. Misi kompetisi ini adalah untuk mencari talenta baru yang tidak hanya kreatif dan inovatif dalam hal berkarya, namun juga memiliki intuisi bisnis yang tajam. Sejumlah desainer muda terpilih dari seluruh penjuru Indonesia akan berkompetisi menunjukkan kreasi terbaik dalam ajang IYFDC.

"Nantinya pemenang lYFDC akan kami dampingi lewat berbagai pelatihan bisnis. Mereka juga dapat memulai dan mengembangkan bisnis fesyen mereka lewat Official Store Tokopedia, sehingga karyanya bisa menjangkau masyarakat Indonesia secara lebih luas," ungkap Melissa.

Presiden Indonesia Fashion Week 2018, Poppy Dharsono menambahkan, para pemenang kompetisi IYFDC juga akan tampil dalam Indonesia Fashion Week yang akan digelar pada 28 Maret hingga l April 2018 di Jakarta Convention Center.

"Selama ini, kami selalu menemukan mutiara-mutiara berbakat melalui ajang IYFDC. Kreativitas mereka luar biasa dan didukung semangat tinggi untuk mengembangkan bisnis di pasar lokal," kata Poppy.

Menurutnya, tantangan para desainer muda saat ini bukan hanya menghasilkan karya. Mereka juga harus memahami tren dan perilaku konsumen dalam platform digital yang saat ini terus tumbuh. lndustri fesyen Indonesia sangat beruntung memiliki Tokopedia yang berani mengambil langkah nyata untuk mendukung para generasi muda ini.

"Kompetensi mereka dalam industri ini tidak diragukan lagi, dan kami siap berkolaborasi untuk membuat industri fesyen kita terus terangkat dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri bahkan mendunia," terangnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini