Toko Bangunan Mati Suri Terhempas Pandemi? Yuk Digitalkan Saja!

Senin, 3 Oktober 2022 18:01 Reporter : Merdeka
Toko Bangunan Mati Suri Terhempas Pandemi? Yuk Digitalkan Saja! toko bahan bangunan di depok. ©2022 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Pandemi menyerang berbagai aspek bisnis, termasuk juga usaha toko bangunan. Banyak pembangunan yang ditunda atau bahkan digagalkan dengan berbagai alasan. Karena itulah, tidak jarang para pemilik usaha toko bangunan ikut mati suri, bahkan gulung tikar. Salah satu cara untuk bisa dilakukan untuk membuatnya tetap hidup adalah lewat jalur digital.

Kemudahan teknologi membuat semuanya mungkin dijajakan secara online, termasuk juga dengan bahan bangunan dan konstruksi. Bagi para pelaku toko bangunan yang ingin membuat usahanya tetap bertahan di tengah gempuran pandemi, digitalisasi adalah salah satu solusinya. Berikut tipsnya:

Berjualan di Marketplace Ukur.com

Langkah utama untuk memulai membuat toko bangunan online adalah mencari wadah yang tepat. Anda bisa membuat website secara mandiri atau bergabung ke marketplace yang sudah berpengalaman. Dengan begitu, akan membuat toko terlihat lebih profesional dan branding diri makin kuat.

Salah satu rekomendasi marketplace terpercaya yang sudah menjadi tempat banyak seller menjajakan produk bahan bangunannya adalah Ukur.com. Sudah berdiri sejak tahun 2020, banyak sekali kelebihan yang akan Anda dapatkan jika bergabung menjadi merchant mereka. Beberapa kelebihannya antara lain;

1.Menjangkau Konsumen Lebih Luas

Kelebihan yang Anda dapatkan saat bergabung menjadi merchant Ukur.com adalah bisa menjangkau konsumen yang lebih luas. Tidak hanya tetangga di sekitar rumah, namun seluruh Indonesia. Hal ini karena, Ukur.com sendiri juga sudah banyak bekerjasama dengan berbagai ekspedisi di Tanah Air.

Jika jangkauan lebih luas, artinya pendapatan atau keuntungan yang bisa didapatkan makin besar lagi. Toko bangunan bisa berkembang dengan lebih pesat dalam waktu yang singkat.

2.Menekan Budget Pembukaan Toko

Sudah menjadi rahasia umum jika membuka toko fisik membutuhkan biaya yang mahal. Apalagi barang yang ditawarkan jumlahnya banyak, perlu gudang untuk menyimpannya. Namun jika berjualan secara online, bisa menekan pengeluaran untuk pembukaan toko fisik. Awalnya, bisa dimulai dengan beberapa barang saja.

Selain pemangkasan biaya pembukaan toko, juga bisa menghemat budget yang dikeluarkan untuk para pegawai. Jika masih kecil-kecilan saja, usaha toko bangunan online bisa dikerjakan beberapa orang. Nantinya jika sudah berkembang jadi besar, baru bisa menambah pegawai lebih banyak.

3.Toko Terlihat Lebih Profesional

Dengan adanya marketplace yang menaunginya, toko bangunan online yang dirintis akan terlihat lebih profesional. Branding awareness toko akan semakin luas. Dengan begitu, kemungkinan menjaring konsumen bisa lebih meningkat lagi. Apalagi dibarengi dengan kualitas bahan bangunan yang bagus dan pelayanan yang prima, membuat pelanggan kian betah.

4.Sistem Online Bikin Jual Makin Mudah

Sistem penjualan online di marketplace seperti Ukur.com juga sangat memudahkan, baik bagi penjual atau pembeli. Fitur-fiturnya juga membuat proses belanja kian praktis. Semuanya tercatat di sistem dengan baik. Dengan begitu perkembangan bisa ditrack atau dipantau dengan lebih mudah.

5.Membuat Website dan Media Sosial

Guna membuat toko semakin dikenal oleh masyarakat, jangan ragu untuk terjun dalam dunia digital marketing dengan membuat website dan media sosial. Jika memiliki budget lebih, buatlah website berbayar yang akan membuat toko bangunan online terlihat makin profesional.

Tambah juga dengan genjotan promosi di berbagai media sosial. Baik Twitter, Facebook, TikTok, Instagram, dan lain sebagainya. Posting berbagai konten secara rutin. Tambahi juga dengan berbagai promosi menggoda. Dengan begitu, perlahan-lahan toko bangunan online yang dirintis akan dilirik calon pembeli.

6.Tawarkan Berbagai Metode Pembayaran

Supaya bisa menjangkau lebih banyak lagi konsumen, Anda juga bisa mengusahakan dengan menawarkan berbagai metode pembayaran berbeda. Mulai dari transfer bank, kredit, dompet digital, sampai dengan cash on delivery (COD). Proses pembayaran semakin praktis membuat proses jual beli juga mudah.

7.Berikan Informasi Lengkap

Guna membuat toko bangunan online jadi terlihat profesional dan terpercaya, beriklan informasi yang lengkap dan valid. Mulai dari alamatnya, berbagai deskripsi bahan bangunan yang ditawarkan, informasi harga, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mencantumkan kontak yang bisa dihubungi, baik lewat WhatsApp, nomor telepon, atau sosial media.

Anda bisa mencantumkan informasi lengkap ini di laman media sosial, marketplace, atau di Google Maps. Dengan begitu pelanggan akan lebih mudah menjangkau Anda dari berbagai jalur.

8.Memerhatikan Testimoni

Sebagai usaha yang bergerak secara online, jangan abaikan testimoni atau review dari para pembeli. Usahakan untuk selalu memberikan kesan yang baik kepada pelanggan. Baik dalam hal pelayanan, pengiriman, dan lain sebagainya. Jika testimoni sudah baik, pelanggan akan berdatangan dengan sendirinya.

Jika nantinya ada satu atau dua orang yang memberikan review negatif, jangan ragu untuk menampung semua saran yang diberikan. Hal tersebut bisa menjadi bahan evaluasi ke depannya untuk membuat usaha yang dijalankan semakin berkembang.

Perkembangan teknologi yang besar-besaran seperti sekarang ini bisa dimanfaatkan untuk membuat usaha kembali bangkit setelah terpaan pandemi. Mari lakukan berbagai tips di atas supaya usaha toko online yang dirintis bisa kembali berjalan dan semakin berkembang ke depannya. [hhw]

Baca juga:
Curiga Isi Paket HP Milik Pelanggan Berbeda, Sikap Kurir Ini Banjir Pujian
Sistem Beli Sekarang Bayar Nanti Simpan Sejumlah Risiko Bagi Konsumen, Ini Rinciannya
Nikmati Manfaat dan Dorongan Digital dari Shopee 9.9 Super Shopping Day
Ini 3 Kategori UMKM Terfavorit di Shopee 9.9 Super Shopping Day
Ini Hasil Riset Snapcart Terkait Karakteristik Perilaku Konsumen Berbelanja Online
Harga BBM Naik, Ongkos Kirim Belanja Online Ikut Naik?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini