Tjahjo Kumolo Kaji Ulang Kebijakan PNS Kerja di Rumah

Kamis, 12 Desember 2019 15:24 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Tjahjo Kumolo Kaji Ulang Kebijakan PNS Kerja di Rumah Tjahjo Kumolo. ©2019 Merdeka.com/Muhammad Genanta

Merdeka.com - Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo mengatakan konsep penerapan Flexible Working Arrangement (FWA) atau kerja di rumah akan dikaji kembali.

Saat ini, pihaknya sedang mencari formula yang pas dengan berdiskusi bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa.

"Dia akan menyampaikan ke kita awal Januari. Dia sudah punya konsep, program untuk 180 pegawai. Bappenas untuk bekerja di rumah, tapi juga kerja di Kantor untuk beberapa jabatan," kata Tjahjo di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Kamis (12/12).

Saat ini, Kementerian PANRB sedang kaji untuk kementeriannya. Terkait beberapa instansi yang akan menerapkan hal tersebut juga diperbolehkan dengan kebutuhan masing-masing.

"Kalau nanti mau meniru enggak ada masalah," kata Tjahjo.

1 dari 1 halaman

Tidak Semua ASN Bisa Terapkan Konsep FWA

Komisoner Apartur Sipil Negara (ASN) Rudianto Sumarwono mengatakan penerapan Flexible Working Arrangement (FWA) tidak akan dilakukan seluruh jabatan. Ada beberapa kriteria para pegawai sipil yang bisa bekerja di rumah.

"Tidak semua PNS bisa bekerja seperti itu, ada mekanisme, siapa yang bekerja di rumah dengan sistem kinerja yang terpadu. Yang penting outputnya terjaga," kata Rudi saat diskusi 'Meracik Pegawai Negeri Super' di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (7/11).

Oleh sebab itu, kata Rudi, pihak Kementerian PAN-RB akan melakukan tryout yang akan dilakukan pada tahun 2020 hingga Desember. Sehingga para ASN yang dapat mengikuti konsep FWA.

"Tentu saja ini memerlukan evaluasi bersangkutan. OKI kementeri PAN RB bersama-sama mulai januari 2020 - Desember 2020 melakukan tryout terhadap pelaksana manajemen kinerja secara menyeluruh," ungkap Rudi. [azz]

Baca juga:
Diusulkan Dapat Libur Tambahan, Ini Hak Libur, Cuti & Izin yang Dimiliki PNS
Ma'ruf Amin Minta Kebijakan PNS Kerja dari Rumah Dikaji Lebih Dalam
Enaknya Jadi PNS di Era Jokowi, Kerja dari Rumah Sampai Bisa Tambah Libur Sendiri
MenPAN Tjahjo Soal PNS Kerja dari Rumah: Yang Penting Targetnya Tercapai

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini