Tips untuk Bisa Segera Terbebas dari Jerat Utang

Selasa, 17 Mei 2022 07:00 Reporter : Anggun P. Situmorang
Tips untuk Bisa Segera Terbebas dari Jerat Utang Utang. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Terlepas dari semua kesulitannya, pandemi telah membantu banyak penabung, terutama pekerja yang cukup beruntung untuk menghadapi Covid tanpa kehilangan penghasilan. Secara keseluruhan, tingkat tabungan pribadi terus tinggi secara historis, menurut Biro Analisis Ekonomi, dan utang kartu kredit telah menurun lebih dari 15 persen sejak pandemi dimulai, menurut Federal Reserve Bank of New York.

Itu berita bagus, kata para ahli, meskipun mereka memperkirakan utang pribadi pada akhirnya akan kembali ke tingkat sebelum pandemi. "Sejauh ini, sangat bagus, dalam hal orang membangun beberapa kebiasaan baru tentang menabung lebih banyak, membelanjakan lebih sedikit, dan membayar utang," kata Ted Rossman, analis senior di CreditCards.com dikutip CNBC Make It, Jakarta, Senin (16/5).

Anda tidak harus kembali ke status quo, kata Chantel Bonneau, perencana keuangan bersertifikat dengan Northwestern Mutual di San Diego. Apakah Anda mengendalikan utang Anda selama pandemi atau Anda baru mulai mengerjakan tujuan itu sekarang, kuncinya, adalah tidak menambah utang lagi.

"Kebiasaan terbaik yang bisa dilakukan orang adalah mengetahui arus kas mereka dan tidak membuat diri mereka terlilit utang untuk membiayai gaya hidup Anda. Atau Anda akan membayarnya untuk waktu yang sangat, sangat lama," katanya.

2 dari 3 halaman

Tips Terbebas dari Utang

dari utang

Hal yang perlu diperhatikan agar terbebas dari utang ada beberapa di antaranya:

1. Melacak Pengeluaran Anda dengan Hati-Hati

Sangat penting untuk memahami arus kas Anda, kata Bonneau, dan pengetahuan itu membuatnya lebih mudah untuk hidup sesuai kemampuan Anda dan mengendalikan utang dapat mempermudah mengembangkan kebiasaan keuangan yang baik lainnya.

Menghabiskan penghasilan lebih sedikit untuk utang membuat lebih mudah menabung. Lebih banyak Orang Amerika menghabiskan banyak anggaran bulanan mereka untuk membayar hutang mereka, rata-rata 30 persen dari anggaran bulanan mereka digunakan untuk membayar utang, menurut survei tahunan Northwestern Mutual tentang kebiasaan keuangan Amerika.

Ketika Anda membayar sebanyak itu untuk utang Anda setiap bulan, Anda mungkin tidak menabung banyak. "Jika Anda sudah menghabiskan 30 persen untuk utang, Anda mungkin tidak menabung 20 persen lagi, jadi cobalah dan kendalikan utang itu," kata Bonneau.

3 dari 3 halaman

2. Memegang Kendali Atas Utang

kendali atas utang

Mengendalikan utang berarti Anda dapat mengalihkan uang itu ke tabungan. "Mulailah kebiasaan membayar diri sendiri dan menabung sedini mungkin," kata Bonneau. Jika Anda mulai dengan 1 persen atau USD50, atau USD100, akan lebih mudah untuk mencapai USD130 bulan berikutnya dan kemudian USD150 dan kemudian USD200.

Alasan utama para ahli begitu terpukau tentang kesehatan keuangan rata-rata orang Amerika saat ini adalah karena keadaan itu benar-benar menjadi jauh lebih baik selama pandemi. Pada tingkat individu, utang pribadi semakin menurun, menurut survei Northwestern Mutual.

Tidak termasuk hipotek, orang dewasa di AS memiliki utang USD23.325, jumlah terendah yang pernah dicatat oleh Northwestern Mutual sejak mulai mengajukan pertanyaan itu pada tahun 2017. Tahun itu, tidak termasuk hipotek, tipikal orang dewasa di AS berutang USD37.000.

Ketika disesuaikan dengan inflasi, itu adalah penurunan sebesar 44 persen, menurut kalkulator inflasi Biro Statistik Tenaga Kerja. "Di internet, konsumen berada di tempat yang lebih baik setelah keluar dari pandemi," kata Christian Mitchell, chief customer officer di Northwestern Mutual.

  [bim]

Baca juga:
Buat Bayar Utang Pemerintah, Cadangan Devisa Tergerus Jadi USD 135,7 Miliar
Bank DKI Ingatkan Anggota DPRD Jatuh Tempo Angsuran
Garuda Indonesia Kembali Ajukan Penundaan Pembayaran Utang 30 Hari, ini Alasannya
Tak Terima Ditagih Utang Beras, Sersan TNI Pukul Wanita Pakai Sekop Plastik
Jadi Opsi Pendanaan Ibu Kota Baru, Utang RI Dikhawatirkan Bengkak
Tips Keuangan: Cara Hindari Utang Saat Terdesak Butuh Dana Cepat
Perdana Menteri Jepang Bakal Beri Pinjaman untuk Pembangunan Pelabuhan Patimban

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini