Bisnis Laundry Kiloan

Tips sukses memulai usaha cuci baju kiloan

Kamis, 12 Maret 2015 08:03 Reporter : Novita Intan Sari
Tips sukses memulai usaha cuci baju kiloan Ilustrasi cuci baju. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Africa Studio

Merdeka.com - Perubahan gaya hidup masyarakat menciptakan peluang usaha yang sangat menggiurkan. Salah satunya adalah usaha laundry atau cuci baju kiloan. Usaha ini menjamur karena kesibukan masyarakat yang tidak sempat mencuci baju di rumah.

Ketua Asosiasi Profesi Laundry Indonesia (APLI), Wasono Raharjo mengatakan usaha jasa laundry kiloan memiliki potensi penghasilan yang lumayan besar. Dengan modal sekitar Rp 15 juta hingga Rp 20 jtua, pengusaha laundry bisa mengantongi laba Rp 30 juta tiap bulannya.

"Bisnis laundry tidak kalah penting, selama orang masih memakai pakaian pasti dibutuhkan industri laundry. Market laundry tidak ada matinya. Selama kehidupan masih ada pasti butuh laundry," ujarnya kepada merdeka.com, Jakarta, Rabu (11/3).

Bisnis rumahan cuci kiloan belakangan ini menunjukkan peningkatan. Tidak hanya di daerah urban atau perkotaan, di pedesaan pun bisnis ini semakin banyak diminati oleh para ibu rumah tangga yang ingin mencari penghasilan sampingan di rumah.

"Makin banyaknya para pelaku usaha laundry maka mau tidak mau akan meningkatkan persaingan di antara para pebisnis tersebut," jelas dia.

Wasono memberi tips bagi anda yang ingin memulai jasa pencucian baju agar terus berkembang sukses. Berikut tipsnya:

Baca Selanjutnya: Lokasi bisnis yang tepat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini