Tips Keuangan: Media Sosial dan Fakta Penyebab Anak Muda Makin Boros

Kamis, 16 Mei 2019 06:00 Reporter : Merdeka
Tips Keuangan: Media Sosial dan Fakta Penyebab Anak Muda Makin Boros Ilustrasi media sosial. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Media sosial bisa membuat para milenial dan generasi Z menjadi makin boros belanja. Kenapa? Ternyata penyebabnya karena lapar mata. Para anak muda ini kerap ingin membeli apa yang mereka lihat di media sosial yang belum tentu mereka butuhkan.

Dilasir dari CNBC, sebanyak 49 persen milenial dan 44 persen generasi Z mengaku media sosial memengaruhi mereka untuk membuang uang demi pengalaman (experience). Itu termasuk pengalaman seperti makan bersama teman-teman.

Survei itu dilaksanakan oleh Schwab's 2019 Modern Wealth dan menemukan 49 persen milenial dan 55 persen Generasi Z condong boros akibat lapar mata di media sosial.

"Kita semua menghabiskan begitu banyak waktu di media sosial. Kita cenderung boros karena kita melihat bermacam gaya hidup di Instagram dan Facebook," ujar Farnoosh Torabi, penulis finansial dan host podcast "So Money".

Parahnya lagi, sebanyak 48 persen milenial dan 41 persen generasi Z mengaku pengeluaran mereka melebihi kemampuan mereka. Mereka jadi boros bila sedang bersenang-senang dengan kawan mereka.

Pakar menyebut agar para milenial tidak gampang boros membeli sesuatu karena dorongan sosial saja. Bila tidak punya uang pun lebih baik tidak memaksakan kondisi.

"Mengeluarkan uang bukanlah musuh, tetapi jika kita membiarkan tekanan sosial dan dorongan lain memancing kita untuk mengeluarkan uang di luar kemampuan kita, itu bisa memberi dampak ke stabilitas finansial dan menjadi masalah lebih besar," tegas Terri Kallsen, Schwabs executive vice president of investor services.

Farnoosh Torabi menyebut pengguna medsos harus memiliki perspektif yang riil ketika menilai beragam hal di medsos. Gaya orang di medsos pun belum tentu hidup seperti itu di kehidupan nyata.

"Ada orang-orang yang memamerkan gaya hidup tertentu di media sosial, (tetapi) kamu tidak tahu bagaimana rekening bank mereka yang sebenarnya, ujar Torabi.

Dia menyarankan agar pengguna tidak ragu memakai fitur mute akun-akun yang membuat diri merasa kekurangan. Selain itu, dia menyarankan agar memfollow orang-orang yang memiliki nasihat finansial yang bijak ketimbang yang menghabiskan uang.

"Dengan begitu, feed mu akan dipenuhi hal yang menggerakanmu untuk membuat keputusan-keputusan yang lebih sehat ketimbang feed yang membuatmu merasa tertinggal," ucapnya.

Persentasi Generasi yang Lapar Mata di Medsos

Berikut temuan survei Schwab's 2019 Modern Wealth:

- Generasi yang cenderung mengeluarkan uang demi experience yang mereka lihat di medsos

Milenial - 49 persen

Generasi Z - 44 persen

Generasi X - 28 persen

Baby Boomers - 16 persen

- Generasi yang cenderung mengeluarkan lebih banyak uang ketimbang yang mereka mampu agar bisa beraktivitas dengan kawan

Milenial - 48 persen

Generasi Z - 41 persen

Generasi X - 31 persen

Baby Boomers - 16 persen

Reporter: Tommy Kurnia
Sumber: Liputan6

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini