Tips Kelola Uang Bisa Pensiun Usia 30-an Tahun

Jumat, 5 Juni 2020 08:00 Reporter : Merdeka
Tips Kelola Uang Bisa Pensiun Usia 30-an Tahun Ilustrasi sukses. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Creativa

Merdeka.com - Miliuner Steve Adcock dan istrinya, Courtney berhasil menyisihkan 70 persen dari penghasilan mereka sehingga mereka mampu pensiun pada usia 35 tahun.

"Pada 2016, setelah mengumpulkan hampir USD 1 juta dalam bentuk tabungan, saya berhenti dari pekerjaan pengembangan perangkat lunak dan pensiun pada usia 35 tahun. Beberapa bulan kemudian, istri saya Courtney bergabung dengan saya untuk pensiun dini," ujar Steve membeberkan bahwa tidak semua orang dapat pensiun di usia 30-an, seperti melansir CNBC, Rabu (3/6).

Dia mengakui bahwa hal ini tidak mudah, tetapi dikatakan tidak perlu memiliki otak jenius untuk mengatur keuangan demi mempersiapkan pensiun dini. Jika Anda tertarik untuk pensiun dini, berikut tips suksesnya dari Steve Addock:

1. Kebebasan Finansial

Saat Steve memiliki gaji yang besar dan karir yang cemerlang, dia justru mulai takut pergi bekerja setiap hari. Dia mulai bosan dengan rutinitas pekerjaan. Sehingga pada usia mendekati 30 tahun, dia memutuskan untuk menjadikan pensiun dini sebagai tujuan utamanya.

"Saya fokus membuat perubahan dramatis pada kebiasaan finansial saya. Alih-alih membiarkan uang saya diam, saya berinvestasi lebih banyak. Saya juga mulai menabung 70 persen dari penghasilan saya. Awalnya memang sulit, tetapi semakin mudah karena saya terus mengingatkan diri sendiri bahwa semua yang telah saya belanjakan adalah hal - hal yang tidak saya gunakan atau butuhkan," ujar dia.

Baca Selanjutnya: 2 Tingkatkan Penghasilan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini