Tips Kelola THR Jadi Alternatif Investasi Jangka Panjang

Kamis, 15 April 2021 20:15 Reporter : Dwi Aditya Putra
Tips Kelola THR Jadi Alternatif Investasi Jangka Panjang investasi. shutterstock

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi meminta agar semua perusahaan swasta membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pekerja mereka secara penuh. Hal ini sesuai dengan Permenaker Nomor 6 Tahun 2016 tentang THR Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan, THR Keagamaan merupakan pendapatan non upah yang wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja menjelang Hari Raya Keagamaan.

Country Manager Rumah.com, Marine Novita menyarankan, para pekerja yang akan mendapatkan THR untuk merencanakan penggunaan dana tambahan yang diterimanya tersebut secara bijak. Selain membelanjakan THR untuk kebutuhan primer menjelang lebaran, THR juga bisa digunakan untuk hal lain yang bermanfaat dalam jangka panjang seperti menambah tabungan dan investasi rumah.

"Dana darurat ataupun juga bisa untuk membeli rumah misalnya. Apalagi menurut studi rumah.com, saat ini adalah kondisi termudah untuk membeli rumah," jelas Marine di Jakarta, Kamis (15/4).

Dia mengatakan, besaran THR yang sebesar satu bulan gaji penuh tersebut potensial dialokasikan sebagai dana tambahan untuk uang muka pembelian rumah. Namun sebelum mengalokasikan THR untuk dana tambahan membayar Down Payment (DP) rumah, sebaiknya sudah mengetahui pengeluaran riil tahunan dahulu. Sehingga THR bisa digunakan untuk membantu membayar DP rumah asalkan sudah dikurangi dari kebutuhan pengeluaran riil tahunan tersebut.

Menurutnya, menyisihkan THR sebagai pembayaran DP rumah adalah langkah yang tepat dan bijak karena memprioritaskan penggunaan uang untuk hal yang merupakan kebutuhan bukan sekedar keinginan. Apalagi harga rumah maupun hunian lainnya secara umum selalu naik setiap tahunnya dimana kenaikan harganya lebih tinggi dari inflasi.

2 dari 2 halaman

Simulasi Perhitungan

Pekerja bisa membuat simulasi perhitungan. Dia mencontohkan dari 100 persen dana THR, 30 persen bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan dan membiayai pengeluaran bulanan. Kemudian 30 persen dana THR lainnya dapat digunakan untuk keperluan menyambut Lebaran. Sehingga sisa 40 persen dari dana THR dapat disimpan untuk mengumpulkan DP rumah. Namun jika jumlah THR-nya terbatas dan ingin mewujudkan rencana membeli rumah, maka rayakan Lebaran dengan sehemat mungkin.

Setelah memperkirakan berapa dana THR yang bisa disisihkan untuk membeli rumah, maka pekerja sebaiknya mulai mencari daerah hunian yang akan diincar dan menyesuaikan dengan kemampuan finansialnya. Apalagi menurut Marine, berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index Q1 2021 menunjukkan terjadinya penurunan harga properti dan kenaikan suplai properti.

"Turunnya harga properti dan naiknya suplai properti menunjukkan bahwa pasar properti masih berada dalam situasi buyer’s market. Sehingga bagi konsumen yang sudah siap secara finansial, inilah saat termudah untuk membeli hunian. Pembeli rumah pertama akan dimanjakan oleh melimpahnya pilihan properti dengan harga yang bersaing, fasilitas DP Rumah Nol Persen dan pembebasan PPN 100 Persen yang dikeluarkan kebijakannya oleh Pemerintah," jelas Marine. [idr]

Baca juga:
KSPSI Datangi Istana, Minta Buruh & Pengusaha Terlibat dalam Satgas THR
Direktur Pengupahan Kemenaker: Pengusaha Harus Berani Bayar Penuh THR Buruh
Pimpinan DPR Ingatkan Perusahaan Wajib Membayar THR Pekerja H-7 Sesuai Aturan
BPJS Watch Sebut Bakal Banyak Perusahaan Mangkir Bayar THR, Ini Alasannya
Ridwan Kamil Minta Perusahaan Tak Mampu Bayar THR Buka Neraca Keuangan
Buruh Semringah THR Tahun 2021 Harus Dibayar Penuh

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. THR
  3. Tips Investasi
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini