Tips Kelola Keuangan ala OJK

Senin, 7 September 2020 16:43 Reporter : Anisyah Al Faqir
Tips Kelola Keuangan ala OJK Ilustrasi mengatur keuangan. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/baranq

Merdeka.com - Menabung pendapatan menjadi bagian penting dalam mengelola keuangan. Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Tirta Segara mengatakan, saat menerima penghasilan sebaiknya langsung dialokasikan beberapa persen untuk ditabung.

Boleh memiliki target tetapi harus juga menyesuaikan dengan kebutuhan. Setelah menyisihkan uang untuk menabung dan kebutuhan pokok, baru bisa digunakan untuk konsumsi. Sebab, logika menabung dengan anggapan ketika uang bersisa itu tidak mungkin.

"Kalau nunggu ada sisa itu tidak mungkin, pasti habis (dikonsumsi)," kata Tirta dalam Webinar Indonesia Millenial Financial Summit Jakarta, Senin (7/9).

Bentuk tabungan pun kata Tirta beragam jenisnya. Mulai dari menabung emas, saham hingga Reksadana. Namun, terkait ini dia menyarankan harus paham dan hati-hati. "Reksadana ini harus hati-hati karena ini sedang fluktuatif," kata dia.

Bila ingin melakukan investasi, Tirta mengatakan harus berhati-hati dan mengenali jenis produk yang digunakan. Sebab semua investasi memiliki jangka panjang, sejalan dengan keuntungan yang didapatkan.

Baca Selanjutnya: Langkah Aman dalam Berinvestasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini