Tips Jitu Mempersiapkan Masa Pensiun yang Aman Secara Finansial

Jumat, 14 Agustus 2020 08:00 Reporter : Merdeka
Tips Jitu Mempersiapkan Masa Pensiun yang Aman Secara Finansial Ilustrasi berinvestasi. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Nonwarit

Merdeka.com - Siapa yang tidak ingin kehidupan masa pensiun berkecukupan nan nyaman. Pastinya itu tujuan semua orang. Maka penting untuk sedini mungkin menetapkan dan menabung.

Bagaimana si cara menabung agar bisa hidup dengan nyaman pada saat pensiun? Perencana Keuangan Eko Endarto mengkategorikan dana pensiun sebagai investasi jangka panjang. Makin awal dan makin banyak dana yang disisihkan, akan lebih baik.

Penting untuk memahami cara mengelola dana pensiun dengan baik. "Yang harus pertama dilakukan mengelola dana pensiun untuk tidak mencampurkannya dengan dana pribadi," ujarnya.

Sesungguhnya, kata dia, mengelola dana pensiun sangat sederhana, mudah, bahkan tidak menuntut syarat profesional. Namun kesederhanaan itu acapkali lepas dari perhatian dan pengamatan orang.

"Terkadang orang yang ingin memutuskan untuk melakukan pensiun muda itu tidak bisa fokus untuk persiapannya dana. Padahal ini penting sebagai bekal kecukupan kebutuhannya," jelas dia.

Mengutip dari CNBC, Kamis (13/8), berikut beberapa cara yang dapat Anda ikuti:

Baca Selanjutnya: 1 Berapa Banyak yang Perlu...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini