Tips Jitu Kelola Uang Agar Mampu Membeli Hewan Kurban Tiap Tahun

Sabtu, 10 Agustus 2019 07:00 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Tips Jitu Kelola Uang Agar Mampu Membeli Hewan Kurban Tiap Tahun Penjual hewan kurban di Cipinang. ©2019 Merdeka.com/Rhandana Kamilia

Merdeka.com - Kepala Unit Pengelolaan Investasi Syariah (UPIS) PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Justitia Tripurwasani, memberikan tips pengelolaan keuangan agar bisa membeli hewan kurban.

Menurut dia, ketika sudah memiliki niat untuk membeli hewan kurban di tahun depan, maka jadikan ini sebagai tujuan keuangan jangka pendek. Buat sebagai pos keuangan tersendiri yang harus diisi hingga tercapai jumlahnya.

Setelah menentukan pos tersendiri, lanjut dia, tentu pertanyaan selanjutnya adalah berapa jumlah dana yang harus ditabung setiap bulan.

"Hewan kurban ditawarkan dengan harga yang beragam. Kambing ditawarkan mulai dari Rp1,9 juta per ekor, sedangkan sapi ditawarkan mulai dari Rp13,5 juta per ekor," kata dia dalam keterangan tertulis kepada Merdeka.com, Jumat (9/8).

Dengan perkiraan kenaikan harga sebesar 15 persen, maka harga hewan kurban tersebut akan menjadi sekitar Rp2,2 juta per ekor kambing dan sekitar Rp15,6 juta per ekor sapi pada tahun depan.

"Jadi, dalam 12 bulan ke depan Anda harus menabung mulai dari Rp183.000 tiap bulan untuk membeli seekor kambing dan mulai dari Rp1,3 juta tiap bulan untuk membeli seekor sapi," jelas dia.

Reksa dana pasar uang syariah sangat cocok digunakan untuk menyimpan dana investasi dalam jangka pendek. Selain likuid alias dapat dicairkan kapan saja tanpa dibebankan denda, reksa dana pasar uang syariah juga tidak dipotong pajak karena bukan objek pajak.

"Potensi imbal hasil reksa dana pasar uang syariah pun lebih kompetitif dibandingkan tabungan dan deposito, yaitu sekitar 5,8 persen per tahun dan halal," ungkapnya.

Selain itu, dengan disimpan di reksa dana pasar uang syariah, orang tidak mudah tergiur untuk menggunakan dana kurban untuk keperluan lainnya. "Sebab, dana ini tersimpan dalam rekening tersendiri, yang tidak bisa ditarik dari mesin ATM atau gesek dari mesin debit bank," imbuhnya.

Dia menambahkan, jika menyicil setiap bulan akan mengganggu keuangan keluarga, masih ada acara lain. Ketika menerima bonus tahunan, bonus tersebut bisa langsung sisihkan sebagian untuk membeli hewan kurban.

"Anda bisa langsung menyisihkan sejumlah harga satu ekor kambing atau sapi. Namun, jika masih belum mencukupi, manfaatkan sebagian THR Anda, dan cicil setiap bulan (untuk hewan kurban)," tandasnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini