Tips Ampuh Investasi Emas saat Harga Anjlok

Selasa, 6 Desember 2022 11:00 Reporter : Siti Ayu Rachma
Tips Ampuh Investasi Emas saat Harga Anjlok Emas Antam. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Harga emas yang dijual PT Aneka Tambang atau harga emas Antam terpantau turun cukup dalam di perdagangan hari ini, Selasa (6/12). Harga emas Antam anjlok Rp15.000 menjadi Rp984.000 per gram dari harga sebelumnya di Rp999.000 per gram.

Tak hanya itu, harga emas global juga terjun bebas di akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB). Ini memperpanjang kerugian untuk hari kedua berturut-turut kembali berada di bawah level psikologis USD 1.800 per ounce.

Melansir dari laman cimbniaga.co.id, terdapat lima tips ampuh yang bisa Anda terapkan sebelum berinvestasi emas agar untung. Mengingat, seluruh kegiatan investasi di dalamnya memiliki risiko yang harus diketahui termasuk emas.

1. Pastikan Tujuan Investasi Emas

Sebelum memulai investasi emas, pastikan Anda tahu untuk apa tujuan Anda berinvestasi. Ada berbagai tujuan yang bisa dijadikan target dalam berinvestasi emas, apakah untuk tabungan pernikahan, pendidikan, atau investasi hari tua.

Sebagai contoh, jika Anda sudah menargetkan dalam kurun 10 tahun ke depan akan berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri. Kemudian penghasilan dari gaji Anda sebagian bisa diinvestasikan di emas.

"Jika sudah memiliki tujuan yang jelas seperti ini maka Anda akan lebih tahu berapa besaran emas yang diinvestasikan setiap bulannya. Itulah cara investasi emas yang aman pertama," tulis CIMB Niaga.

2 dari 3 halaman

2. Cek Secara Berkala

Langkah selanjutnya adalah memantau perkembangan harga emas secara berkala. Terlebih, tidak sulit bagi Anda untuk memantau perkembangan harga emas. Saat ini, banyak situs-situs di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya. Kemudian ada juga aplikasi pada ponsel yang dapat menampilkan perkembangan harga emas.

Apa tujuan Anda memantau perkembangan harga emas? Emas meski dikenal sebagai alat investasi yang paling stabil terkadang juga mengalami penurunan harga. Meski jarang, tidak ada salahnya untuk membelinya. Kemudian saat secara tiba-tiba harga emas melonjak tinggi, Anda juga mempunyai pilihan untuk kemudian menjualnya.

Namun perlu dipahami bahwa investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jenis investasi jangka panjang. Yakni, dalam kurun waktu 5 sampai 10 tahun.

3. Beli Emas di Tempat Terpercaya

Saat ini, ada banyak tempat yang menjual emas batangan untuk berinvestasi. Namun Anda sebaiknya membeli emas di tempat-tempat yang menjual secara resmi dan terpercaya.

Makna resmi di sini mencakup, pembelian emas harus dengan menyertakan surat-surat dan sertifikatnya. Sebab, ada penjual emas yang menyediakan logam mulia tersebut dengan cara cepat namun tidak disertakan dengan sertifikat. Hanya emas batangannya saja.

3 dari 3 halaman

4. Simpan di Tempat yang Aman

Salah satu cara investasi emas adalah Anda juga harus mengerti tempat penyimpanan emas yang aman. Yang paling mudah ialah menyimpannya di rumah sendiri di dalam brankas atau safety box.

Jika merasa kurang aman, Anda juga bisa menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan pihak bank. Tentunya jika memilih untuk menggunakan SDB, ada biaya tambahan yang diperlukan. Harga untuk menggunakan SDB relatif tergantung dengan bank masing-masing.

 

5. Fokus Masa Depan

Anda harus memahami bahwa investasi emas merupakan tabungan untuk masa depan baik itu yang sifatnya jangka pendek atau jangka panjang. Untuk instrumen emas sendiri bisa mencapai 5 sampai 10 tahun mendatang.

Maka saat melakukan investasi, termasuk investasi emas, perlu kesabaran dalam melihat hasilnya. Investasi emas sangat cocok sebagai investasi jangka panjang sehingga hasilnya baru terasa setidaknya 5 sampai 10 tahun mendatang.

Perlu diketahui, investasi berbeda dengan jual beli yang memang bertujuan untuk mencari keuntungan dalam waktu singkat. Karena itu dalam berinvestasi emas, Anda harus fokus terhadap tujuan dan masa depan yang ingin Anda capai.

"Jadi, fokus pada masa depan adalah cara investasi emas yang bisa Anda terapkan," ujar CIMB Niaga. [idr]

Baca juga:
Membongkar Penyebab Anjloknya Harga Emas
Jangan Jual Sekarang, Harga Buyback Emas Antam Anjlok 24.000 per Gram
Ketahui Ketentuan Zakat Emas, Perak & Perhiasan dalam Islam
Harga Emas Antam Melonjak Tajam, Kini Tembus Rp974.000 per Gram
Derita Jual Emas Perhiasan: Banyak Potongan dan Ditolak Toko yang Berbeda

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini