Tips Aman saat Masa Pensiun, Termasuk Jumlah Uang yang Harus Disiapkan

Jumat, 7 Oktober 2022 07:00 Reporter : Siti Ayu Rachma
Tips Aman saat Masa Pensiun, Termasuk Jumlah Uang yang Harus Disiapkan Ilustrasi pensiunan. ©2012 Shutterstock/wavebreakmedia ltd

Merdeka.com - Mencari uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan yang lain menjadi sebuah keharusan manusia untuk bisa bertahan hidup. Salah satunya melalui bekerja yang memberikan penghasilan, untuk memenuhi hal tersebut.

Namun jangan sampai Anda tidak memiliki dana tabungan untuk jangka panjang, yakni setelah Anda sudah tidak bisa lagi untuk bekerja atau pensiun. Dana pensiun sangatlah dibutuhkan.

Walaupun Anda sudah memiliki jaminan sosial pensiun dan sebagainya, jangan terlalu mengandalkan hal itu, lebih baik Anda juga mempersiapkan dana pensiun di luar dani jaminan sosial.

Dikutip dari CNN, Jumat (7/10), supaya Anda tidak bergantung dan terus menabung untuk dana pensiun Anda, yang perlu dilakukan yakni:

2 dari 4 halaman

Ubah Pola Pikir

Seorang Perencana Keuangan Kyle Newell mengingatkan bahwa tabungan yang Anda kumpulkan dengan susah payah ada untuk membantu Anda hidup dengan baik di masa pensiun.

"Saya memberitahu mereka, sekarang uanglah yang bekerja jadi mereka tidak perlu melakukannya. Itu tampaknya membantu orang," kata Newell.

Dia juga meminta mereka untuk memikirkan apa yang sebenarnya ingin mereka capai dan melihat tabungan mereka sebagai sarana untuk mencapai tujuan itu.

Anda juga disarankan untuk bersikap santai pada diri Anda sendiri dan melihat tahun pertama mereka di masa pensiun sebagai pengalaman belajar dalam hal pengeluaran.

"Saya punya klien dengan jutaan yang bertanya apakah dia bisa membeli mobil bekas," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Langkah Praktis Dilakukan

Mungkin Anda berpikir mengelola uang untuk pensiun, namun lebih baik Anda harus bisa mengatur keuangan Anda dengan teratur. 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat anggaran, dan membuat sketsa rencana untuk menutupi pengeluaran Anda.

Jadi sebelum pensiun, catat pengeluaran dan pengeluaran rutin Anda, seperti perumahan, makanan, perawatan kesehatan, dan lain lain. Kemudian nilailah bagaimana pengeluaran tersebut dapat berubah di masa pensiun misalnya, jika Anda berencana untuk pindah ke rumah atau area yang lebih murah.

4 dari 4 halaman

Uang Tunai Harus Disiapkan

Perhitungkan juga untuk pengeluaran satu kali yang diantisipasi, seperti membayar pernikahan anak, membeli mobil, atau mengambil liburan besar.

Kemudian nilai pendapatan tetap apa yang akan Anda dapatkan seperti jaminan sosial atau pembayaran pensiun. Perbedaan antara pengeluaran yang Anda harapkan dan pendapatan tetap Anda adalah jumlah yang Anda perlukan dari tabungan Anda.

Disarankan setahun sebelum anda pensiun, anda diharuskan memiliki uang tunai 12 hingga 24 bulan. Kemudian saat ini juga dunia sedang dihantui ancaman resesi, maka jika negara sudah masuk ke dalam resesi tersebut, dan anda memiliki saham, maka seharusnya anda tidak perlu menjual saham untuk memenuhi kebutuhan pengeluaran saat pasar sedang turun. [idr]

Baca juga:
Terancam PHK, Siapkan 5 Hal Ini Agar Keuangan Tetap Stabil
Mau Investasi Tapi Ada Ancaman Resesi, Simak Tips Berikut Ini
Tips Atur Uang Agar Tetap Stabil di Tengah Ancaman Resesi
Buat Para Gamers, Ini Pekerjaan yang Cocok untuk Anda
Ekonomi Makin Sulit di 2023, Apa yang Harus Dipersiapkan Masyarakat?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini