Tips Aman Cari Kerja Lewat Situs Online

Kamis, 13 Desember 2018 16:08 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Tips Aman Cari Kerja Lewat Situs Online Ilustrasi bekerja. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Country Manager JobStreet.com, Faridah Lim membagikan beberapa tips aman mencari kerja melalui platform online atau daring.

Menurut dia, hal pertama yang harus dilakukan pencari kerja adalah memastikan bahwa platform iklan lowongan kerja yang digunakan merupakan platform yang benar-benar terpercaya. Hal ini untuk menjamin kepastian keamanan data pelamar, serta keaslian perusahaan yang mengiklankan lowongan kerja.

"Karena jika terjadi sesuatu, misalnya merasa ditipu kami bisa lapor ke perusahaan tersebut," kata dia, di Jakarta, Kamis (13/12).

Dia mengimbau para pencari kerja agar tak gampang membagikan data pribadi semacam CV (Curiculum Vitae) di media sosial.

"Jangan asal tebar CV. Jangan suka menebar (data pribadi) di mana-mana. Ada yang diupload di FB itu data pribadi," ujarnya.

Dia mengakui bahwa keinginan untuk cepat mendapat pekerjaan bisa membuat seseorang menjadi kurang waspada. Namun dia mengharapkan data pribadi dapat dijaga agar tidak digunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Hanya diupload di situs yang menyediakan lowongan kerja. Jangan diupload di public. Data kita akan digunakan untuk menipu," ungkap Faridah.

Faridah menambahkan bahwa JobStreet selalu berupaya memastikan legalitas setiap perusahaan yang memasang iklan di platform-nya. Dia menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah memungut biaya dari pelamar kerja yang menggunakan jasa JobStreet.

"Kami tidak pasang iklan lowongan dari perusahaan yang tidak jelas. Harus bisa menunjukkan legalitas. Kita akan minta kelengkapan dokumen, surat izin usaha, NPWP. Kita punya tim untuk mengecek perusahaan yang mau memasang lowongan. Misalnya industrinya bergerak di bidang apa," tandasnya. [idr]

Baca juga:
Pekerja Milenial Lebih Pilih Tempat Kerja Nyaman Dibanding Gaji Besar
Ini Saran Menko Darmin Agar SMK Bisa Cetak Tenaga Kerja Andal
Kebutuhan Tenaga Kerja Diyakini Tak Berkurang Karena Kehadiran Robot
Mayoritas Sarjana Baru di Indonesia Tak Siap Masuk Dunia Kerja
Menko Darmin: Tenaga Kerja Indonesia 58 Persen Pendidikannya Hanya SMP
Menteri Sri Mulyani Ingatkan Profesi Akuntan Berpotensi Tergantikan Oleh Robot

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Lowongan Kerja
  3. Tenaga Kerja
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini