Tingkatkan SDM Pesantren, Pemerintah Beri Beasiswa LPDP Khusus Santri

Kamis, 22 Oktober 2020 11:28 Reporter : Sulaeman
Tingkatkan SDM Pesantren, Pemerintah Beri Beasiswa LPDP Khusus Santri Sri Mulyani. ©AFP PHOTO/KAZUHIRO Nogi

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menekankan pemerintah memberi perhatian lebih terhadap pengembangan sumber daya manusia (SDM) di lembaga pendidikan pesantren. Hal ini dibuktikan melalui pemberian Beasiswa Santri melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

"Kami juga terus meningkatkan kapasitas dan peranan dari para santri melalui investasi di bidang pendidikan. Di antaranya pemerintah telah membangun beasiswa LPDP khusus santri," kata dia dalam webinar, Kamis (22/10).

Bendahara negara mencatat, per 2019 lalu ada sebanyak 293 santri yang telah memanfaatkan program beasiswa yang disediakan pemerintah itu. Khususnya di jenjang pendidikan magister (S2) ataupun doktor (S3).

"Selain mereka belajar di universitas-universitas yang ada di Indonesia, mereka juga ada yang belajar Ke Australia, Inggris, Kanada, Belanda, Swedia, hingga Amerika Serikat," jelas dia.

Maka dari itu, dia berharap adanya dukungan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah tersebut akan meningkatkan daya saing SDM yang ada di ruang lingkup pesantren. Menyusul banyak negara-negara berpendapatan menengah, seperti Indonesia masih dihadapkan pada persoalan rendahnya kompetensi SDM yang ada.

"Sebagai penutup yang solid diharapkan antar berbagai elemen santri dan pesantren dapat mewujudkan akselerasi perekonomian rakyat. Apalagi di tengah pandemi yang banyak memberikan dampak negatif kepada kondisi sosial ekonomi masyarakat kita," tambahnya.

Baca Selanjutnya: Beasiswa dari Dana Abadi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini