Tiket Pesawat Mahal, Menko Luhut Incar Turis Kaya Majukan Pariwisata Tanah Air

Jumat, 12 Juni 2020 17:41 Reporter : Sulaeman
Tiket Pesawat Mahal, Menko Luhut Incar Turis Kaya Majukan Pariwisata Tanah Air Turis berjemur di Kuta. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menyatakan kesungguhan pemerintah untuk pemulihan pariwisata domestik di tengah pandemi Covid-19. Antara lain, mengurangi tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) kelas C dan meningkatkan kunjungan turis Kelas A dan B.

"Berdasarkan dari survei, trennya turis berada (kaya) yang datang. Ini karena ongkos (tiket pesawat naik) akibat covid-19," tegas Luhut dalam webinar bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara via Zoom, Jumat (12/6).

Luhut menjelaskan, pandemi global covid-19 telah memukul perekonomian dunia secara signifikan. Sehingga

sektor pariwisata domestik harus melakukan penyesuaian agar tetap bertahan, antara lain meningkatkan kunjungan wisman kelas A dan B yang dianggap mempunyai kemampuan untuk menjangkau lonjakan harga tiket pesawat.

Di sisi lain, pemerintah juga gencar meningkatkan penerimaan negara dari wisatawan domestik. Tak tanggung-tanggung Luhut mematok dari awalnya 55 persen menjadi 70 persen.

"Ini semua masuk program pertama yang disiapkan pemerintah, untuk pemulihan UMKM dan Parekraf (Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif)," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Program Selajutnya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini