Tiga menteri koordinator minta DPR setujui pagu anggaran 2014

Selasa, 22 Oktober 2013 17:27 Reporter : Novita Intan Sari
Tiga menteri koordinator minta DPR setujui pagu anggaran 2014 SBY pimpin rapat kabinet. ©rumgapres/abror rizki

Merdeka.com - Tiga menteri koordinator (menko), yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra), Agung Laksono dan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Djoko Suyanto, meminta DPR menyetujui permohonan pagu anggaran tahun depan sebesar Rp 1,05 triliun.

"Tahun depan membutuhkan anggaran sebesar Rp 514,35 miliar guna dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya sebesar Rp 120,03 miliar," ujar Djoko Suyanto di gedung DPR, Jakarta, Selasa (22/10).

Untuk peningkatan sarana dan prasarana aparatur kemenko polhukam dibutuhkan dana Rp 7,06 miliar, peningkatan koordinasi bidang politik, hukum dan keamanan Rp 75,01 miliar dan Rp 312,25 miliar untuk peningkatan koordinasi keamanan dan keselamatan di laut.

Sementara Hatta meminta DPR menyetujui pagu anggaran kementeriannya sebesar Rp 317,45 miliar. Dana tersebut digunakan untuk belanja pegawai sebesar Rp 43,01 miliar, belanja barang Rp 270,29 miliar dan belanja modal Rp 4,16 miliar.

"Yang menjadi prioritas nasional, yaitu penanggulangan kemiskinan, program aksi di bidang pangan, di bidang infrastruktur, iklim investasi dan iklim usaha, program aksi di bidang energi dan prioritas lainnya di bidang perekonomian," jelasnya.

Sedangkan Agung Laksono meminta anggaran sebesar Rp 218 miliar untuk anggaran kementerian koordinator bidang kesejahteraan rakyat tahun depan. Dia menjelaskan, dana itu akan digunakan untuk mempercepat pembangunan di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Diantaranya penyediaan perumahan, pengadaan tanah perumahan dan lahan usaha, pembuatan sertifikat tanah, pembangunan infrastruktur, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat berpenghasilan rendah," ungkap dia. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. APBN
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini