Terus Tingkatkan Pelayanan, Krakatau Bandar Samudera Bangun Pusat Logistik Berikat

Jumat, 27 September 2019 13:47 Reporter : Haris Kurniawan
Terus Tingkatkan Pelayanan, Krakatau Bandar Samudera Bangun Pusat Logistik Berikat Krakatau Bandar Samudera bangun pusat logistik berikat. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Melihat potensi bisnis Kepelabuhan yang dapat dikembangkan, PT Krakatau Bandar Samudera (“KBS”) membangun Pusat Logistik Berikat (“PLB”) yang berlokasi di Kawasan Pelabuhan Cigading, Cilegon, Banten.

Direktur Utama PT KBS, Alugoro Mulyowahyudi menjelaskan, pendirian Pusat Logistik Berikat dapat mendukung tercapainya visi PT KBS menjadi Port Centric Integrated Logistics Company.

"Pembangunan Pusat Logistik Berikat ini merupakan salah satu bentuk upaya PT KBS untuk meningkatkan pelayanannya terhadap customer," ujarnya.

PLB merupakan gudang multifungsi untuk memasukkan barang impor yang belum dipungut bea masuk dan pajak impor. Keberadaan PLB dapat meningkatkan proses pelayanan Kepelabuhan dari sisi waktu dan pemangkasan biaya seperti penundaan pembayaran pajak.

"PLB dapat memberikan penghematan bagi para pelaku usaha yang sebelumnya memiliki inventory di luar negeri yang kemudian di konversikan menggunakan PLB sebagai pusat inventory nya," ujar Alugoro.

Alugoro menambahkan, banyak perusahaan menerapkan just in time untuk mengurangi modal kerja serta menjaga kas perusahaan.

"Beberapa supplier menempatkan stock mereka di PLB, sehingga buyer hanya mengambil barang dan membayar sesuai kebutuhan mereka di Indonesia. Delivery time menjadi lebih singkat," ujarnya.

PLB PT KBS ini siap melayani produk baja maupun produk lainnya dan memiliki lokasi yang strategis yaitu di Cilegon, Banten yang tepat berada di pusat kawasan industri Cilegon serta dilengkapi infrastruktur transportasi yang memadai. Selain itu, PLB PT KBS dilengkapi dengan sistem informasi yang lengkap berbasis IT yang dinamakan Port of Cigading Information System (PoCIS), konsumen dapat melihat langsung produknya melalui akses CCTV 24 Jam serta dapat melihat laporan keluar-masuk produknya. PLB PT KBS ini juga memenuhi standar keamanan dan kelayakan open yard floor strength sebesar 5 ton/sqm, serta tersedia alat angkut berupa Forklift.

Dengan dibangunnya PLB, dapat mengintegrasikan jasa Kepelabuhan yang ada di KBS Group seperti trucking dan angkutan kargo menggunakan kereta api melalui PT Krakatau Jasa Logistik, handling bahan baku baja melalui PT Krakatau Argo Logistik, pelayanan bongkar muat melalui PT Multi Sentana Baja dan pelayanan angkutan produk baja melalui PT Wahana Sentana Baja. [hrs]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Berita Krakatau Steel
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini