Terungkap, Inilah Desain Awal Ibu Kota Baru

Kamis, 22 Agustus 2019 11:55 Reporter : Desi Aditia Ningrum, Syifa Hanifah
Terungkap, Inilah Desain Awal Ibu Kota Baru Maket Ibu Kota Baru. ©2019 dok. Kemen PUPR

Merdeka.com - Presiden Jokowi telah memutuskan akan memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan. Bagaimana bentuk ibu kota baru nanti?

Dalam desain awal terungkap bentuk ibu kota di Kalimantan. Bagaimana bentuknya, berikut desain awalnya:

1 dari 6 halaman

Ibu Kota Baru akan Dikelilingi Pohon Rindang

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menunjukkan rencana desain Ibu Kota Negara yang baru. Pada desain tersebut, nampak tatanan kota yang hijau dikelilingi pepohonan. Hal itu menunjukkan Ibu Kota Negara sangat indah dan juga sejuk.

Pada Ibu Kota Negara yang baru akan dibangun ruang-ruang budaya, galeri nasional, museum gedung pertunjukan dan taman-taman kesenian. Tak hanya itu, rencananya di tengah kota terdapat lapangan hijau terbuka dan sebuah monumen yang menjulang tinggi. Monumen itu dinamai Monumen Pancasila. Monumen ini bakal jadi simbol dari Ibu Kota yang baru.

2 dari 6 halaman

Tetap Pertahankan Hutan Kalimantan

Rencana pindah Ibu Kota bakal segera terwujud. Presiden Jokowi memilih Kalimantan sebagai Ibu Kota Negara. Rencananya Ibu Kota Negara yang baru akan banyak ruang-ruang hijau serta biru.

Akan tetapi tetap mempertahankan keberadaan Hutan Kalimantan (City in the Forest). Di Ibu Kota yang baru akan ada public dan community spaces (ruang komunitas). Selain itu, terdapat kualitas ruang yang mendorong kreativitas dan produktivitas masyarakat.

3 dari 6 halaman

Akan Ada Monumen Pancasila

Berdasarkan rencana desain, Ibu Kota Negara baru akan banyak ruang hijau dan biru. Di tengah kota akan dibangun Monumen Pancasila. Tak jauh dari monumen akan berdiri Istana Presiden. Istana Presiden dikelilingi pepohonan rindang.

Arah kanan dari Istana Presiden bakal dibangun perumahan menteri. Sementara arah kirinya, terdapat TNI dan Polri.

4 dari 6 halaman

Terdapat Ruang Terbuka

Berdasarkan desain yang diterima dari Kementerian PUPR, desain Ibu Kota akan terdapat ruang terbuka publik cukup luas. Ruang terbuka publik ini dikelilingi pohon-pohon yang rindang.

Ruang terbuka ini didesain senyaman mungkin untuk para pejalan kaki. Bukan hanya itu, nantinya sepeda akan diizinkan untuk melintas. Dan untuk mendukung semua aktivitas masyarakat.

5 dari 6 halaman

Moda Transportasi Terintegrasi

Ibu Kota baru didesain dengan moda transportasi publik yang terintegrasi satu dengan lain. Hal ini untuk mewujudkan kota yang cerdas modern dan berstandar internasional.

Selain moda transportasi publik yang terintegrasi. Nanti masyarakat dapat menikmati hijaunya pepohonan di sepanjang jalan kiri dan kanan.

6 dari 6 halaman

Wujud Kemajuan Bangsa Indonesia

Desain baru Ibu Kota akan mencerminkan indentitas bangsa. Ini dicerminkan dengan hadirnya tiang bendera merah putih yang menjulang tinggi. lagi-lagi di kiri dan di kanan dikelilingi pepohonan yang rindang.

Dengan desain yang modern, tanpa menghilangkan identitas bangsa Indonesia. Ibu Kota Baru diharapkan dapat menjadi representasi kemajuan bangsa Indonesia. [has]

Baca juga:
Menteri Bambang Pastikan Ibu Kota Baru Terapkan Konsep Smart City
Potret Samboja, Kandidat Ibu Kota Pengganti Jakarta
Respons Warga Soal Samboja Jadi Kandidat Ibu Kota Negara Gantikan Jakarta
Masuk Kandidat Lokasi Ibu Kota Negara, Samboja Jadi Buruan Broker Properti
Politisi PAN: Utang Banyak Ekonomi Sulit, Pindah Ibu Kota Harus Sekarang?
Bos Baran Energy Siap Bangun Energi Terbarukan di Ibu Kota Baru

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini