Terungkap, ini 6 hal penting dapat membuat Anda kaya raya

Kamis, 1 September 2016 06:00 Reporter : Idris Rusadi Putra
Terungkap, ini 6 hal penting dapat membuat Anda kaya raya ilustrasi orang kaya. shutterstock.com

Merdeka.com - Hidup kaya dan berkecukupan adalah impian setiap orang. Ada yang rela bekerja siang dan malam untuk mengumpulkan pundi-pundi Rupiah sebanyak mungkin. Namun, ada perbedaan antara orang kaya dan orang miskin.

Pebisnis, T. Harv Eker pernah mengatakan, orang miskin mengumpulkan uang demi uang untuk dibelanjakan saat itu juga. Namun, orang kaya mencari uang sebagai benih yang dapat ditanam untuk memperoleh uang jutaan lagi. Lalu, ditanam lagi untuk memperoleh uang puluhan juta.

Kekayaan adalah hasil akumulasi dan bukan apa yang Anda hasilkan. Jika Anda harus berhenti bekerja besok, berapa lama Anda dapat mempertahankan gaya hidup Anda sekarang? Itulah yang disebut kekayaan.

Contohnya, saat Anda mempunyai gaji Rp 10.000.000 per bulan namun ketika ditanya oleh sebuah survei, lembaran isian mengatakan tidak termasuk cicilan, ini berarti bahwa yang menjadi kekayaan Anda sekarang adalah bukan sepenuhnya milik Anda karena masih dibebani oleh cicilan.

Sehingga dalam kasus gaji di atas, setelah dikurangi cicilan, dan pengeluaran, bisa jadi hasilnya adalah nol atau tidak ada sama sekali. Ini bergantung erat dengan kebiasaan belanja Anda terutama belanja yang dibiayai oleh kredit.

Meski demikian, ada beberapa hal penting yang harus Anda pelajari dalam mengejar kekayaan. Berikut ulasannya seperti ditulis cermati di Jakarta, Kamis (1/9).

1 dari 6 halaman

Cadangkan dana tak terduga

rupiah. shutterstock

Mulailah dengan membuat dana darurat tidak terduga. Targetkan Rp 5.000.000 dengan mengumpulkan uang hasil bekerja 3–6 bulan. Jangan gunakan uang tersebut jika memang bukan untuk kebutuhan yang mendesak seperti mendapatkan musibah atau jatuh sakit. Komitmen Anda untuk langkah ini sangatlah penting.

2 dari 6 halaman

Selesaikan utang

Utang. ©Shutterstock

Utang adalah musuh kekayaan. Meski demikian, ketika seseorang hendak memiliki rumah, kendaraan, peralatan rumah tangga (televisi, peralatan elektronik, mebel, dan sebagainya), pada umumnya, harus membayarnya dengan kredit, karena harga yang tak terjangkau.

Lebih dari itu, untuk kebutuhan sekunder pun, seperti untuk biaya pendidikan dan ongkos kesehatan juga berbasis kredit. Bijaksanalah dalam berutang karena utang adalah musuh kekayaan. Perhatikan dengan seksama dan tentukan prioritas apa yang menjadi kebutuhan utama dan apa yang menjadi sebatas keinginan.

3 dari 6 halaman

Hargai tiap peluang

usaha kecil. Merdeka.com/Arie Basuki

Jika ada yang menawari Anda peluang usaha, jangan ragu untuk menerima. Walaupun tidak langsung dapat dirasakan, ini bisa menjadi tabungan untuk hari tua nanti. Walaupun saat ini Anda tidak memerlukannya, tapi suatu saat nanti Anda akan perlu.

Misal ada yang menawari Anda untuk usaha bordir dengan modal mesin yang harus Anda beli. Saat Anda sudah menerima keuntungan, dan hasilnya menjanjikan, dukunglah lagi usaha tersebut agar lebih berkembang.

4 dari 6 halaman

Jangan rugi karena inflasi

Ilustrasi berinvestasi. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Nonwarit

Tabungan adalah faktor terbesar yang membuat Anda kaya. Jadi, jangan sampai tabungan Anda berkurang karena inflasi.

Sebagai contoh, 20 tahun yang lalu, uang Rp 1.000 dapat memperoleh 4 butir telur. Sekarang, bahkan harga 1 butir telur sudah mencapai Rp 1.500. Apakah telurnya berubah? Tidak. Uanglah yang sesungguhnya bermasalah.

Inilah yang membuat Anda dari hari ke hari harus bekerja lebih keras untuk menutupi kebutuhan hidup. Solusinya adalah investasikan uang Anda.

5 dari 6 halaman

Hitung semua aset dan utang

Utang. ©Shutterstock

Apakah Anda memiliki rumah, properti atau usaha? Apa yang menjadi tanggungan Anda kepada orang lain? pinjaman atau biaya sewa? Makin kecil perbandingan tanggungan Anda terhadap apa yang dimiliki, maka makin kaya Anda.

Buatlah daftar barang yang masih dicicil dan utang yang masih ditanggung agar membuat Anda termotivasi untuk segera melunasinya. Rencanakan secara teliti dan hati-hati keuangan Anda untuk melunasi cicilan dan utang Anda, juga usahakan untuk tidak menambah cicilan dan utang lainnya.

6 dari 6 halaman

Strategi ciptakan kekayaan jangka panjang

ilustrasi orang kaya. shutterstock.com

Strategi apapun yang bagus untuk dapat mengidentifikasi cara membangun kekayaan jangka pendek dan jangka panjang. Tujuan jangka pendek dapat menyertakan hal-hal yang Anda ingin capai dalam satu atau tiga tahun sedangkan jangka panjang seperti tabungan pensiun yang tidak akan Anda sentuh selama 20–30 tahun.

  [idr]

Baca juga:
Ini 5 kebiasaan yang hambat jadi orang kaya
Secuil kisah pengusaha sukses dari nol & cara ikuti jejak mereka

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini