Terowongan Walini jadi titik vital di proyek kereta cepat, ini sebabnya

Rabu, 21 Maret 2018 13:17 Reporter : Merdeka
Terowongan Walini jadi titik vital di proyek kereta cepat, ini sebabnya Menteri BUMN Rini Soemarno tinjau proyek kereta cepat. ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - Menteri badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, meninjau progres proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di Walini, Bandung Barat. Salah satu titik yang dikunjungi adalah pembangunan terowongan (tunnel) di lokasi yang tidak jauh dari penetapan Stasiun Walini.

Menteri BUMN Rini Soemarno tinjau proyek kereta cepat ©2018 Liputan6.com

Tunnel ini nantinya menjadi titik pembangunan yang membutuhkan waktu dan ketelitian khusus. Untuk itu di sini menjadi titik utama konstruksi menyeluruh nantinya.

"Jadi tunnel ini nantinya akan memakan waktu pengerjaan yang lama, mungkin bisa mencapai dua tahun. Karena tanah di sini konturnya tidak sekeras yang tunnel halim, jadi butuh kemampuan khusus," kata Menteri Rini di Walini, Rabu (21/3).

Dia mengapresiasi seluruh pihak yang sudah terlibat dalam percepatan pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini. Di mana hasilnya saat ini proses pembebasan lahan telah mencapai 56,5 persen.

Menteri Rini mengakui pembebasan lahan ini tidak seperti yang diinginkan. Di mana pada akhir 2016 ditargetkan seluruh lahan sudah bebas. Dia berharap pembebasan lahan sudah selesai pada akhir April 2018.

"Memang awalnya kita target awal 2019 selesai, tapi kita mohon maaf kalau sedikit lama. Harapannya akhir April lahan selesai dan kita konstruksi secara keseluruhan sehingga pada 2020 bisa commisioning," ucapnya.

Menteri Rini juga menginginkan pencairan pinjaman dari China Development Bank (CDB) bisa ditarik di akhir April. "Kia tidak tarik utang dulu karena pembebasan lahan belum selesai, daripada kita bayar bunga mahal kan," tutupnya.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6 [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini