Terkuak, Ini 3 Penyebab Susahnya Cari Kontainer di Indonesia

Senin, 12 Juli 2021 17:30 Reporter : Merdeka
Terkuak, Ini 3 Penyebab Susahnya Cari Kontainer di Indonesia Antrean truk kontainer di JICT. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih membeberkan 3 hal yang menyebabkan kelangkaan kontainer sehingga menyulitkan pelaku usaha dalam melakukan kegiatan ekspor, khususnya bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM).

"(Pertama), memang masa pandemi ini banyak negara-negara yang melakukan lockdown sehingga kontainer ini agak susah masuk barang-barang, kecuali barang-barang yang erat dengan kebutuhan kesehatan dan pangan," kata Gati dalam FGD Peluang pasar dalam negeri, Senin (12/7).

Kemudian penyebab kedua, bangkitnya China dari pandemi covid-19 membuat mereka lebih mengutamakan mendistribusikan produk-produknya ke luar negeri.

"Telah bangkitnya China dari pandemi, mereka mendistribusikan produk-produknya ke luar, sehingga mereka lebih mengutamakan logistik dan distribusi produk mereka. Kalau kontainer tidak balik, misalnya dari China ke Indonesia balik lagi ke China, tapi disuruh belok ke Australia sedikit mereka tidak mau," ujarnya.

Gati mengakui memang peredaran kontainer di masa pandemi covid-19 ini terbatas. Menurutnya, masalah kontainer tidak mudah diselesaikan, karena permintaan (demand) yang tinggi namun supply-nya rendah.

"Ketiga, pemain kontainer ini adalah pemain internasional sehingga kita tidak mudah untuk mengatur mereka, kita tergantung dari pada mereka, itu yang jadi masalah," ungkapnya.

Baca Selanjutnya: Alami Kendala Logistik...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kemenperin
  3. Logistik
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini