Terdampak Banjir, Kereta Bandara Soekarno-Hatta Tak Layani Penumpang

Rabu, 1 Januari 2020 10:02 Reporter : Kirom
Terdampak Banjir, Kereta Bandara Soekarno-Hatta Tak Layani Penumpang Kereta bandara. ©2017 Merdeka.com/Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - PT Railink yang merupakan operator kereta Bandara Soekarno-Hatta tak melayani penumpang imbas adanya banjir di sejumlah titik perlintasan, Senin (1/1).

PT Railink mengucapkan permohonan maaf atas gangguan perjalanan Kereta Bandara pada hari ini.

"Pada KM 9+700 lintas antara Rawa Buaya - Batu Ceper ketinggian air mencapai 8cm di atas Kop Rel. Kondisi tersebut berdampak pada perjalanan kereta api Bandara, hingga pukul 07.50 WIB lintas belum dapat dilalui Kereta Api. Sejumlah perjalanan KA Bandara dibatalkan," tegas Diah Suryandari Humas PT Railink.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada penumpang untuk beralih menggunakan moda transportasi lain, dan untuk penumpang yang terdampak gangguan perjalanan dapat melakukan pengembalian tiket 100 persen dengan menyertakan bukti tiket dan bukti transaksi ke email info@railink.co.id.

"Untuk tiket KA Bandara dari Traveloka & Bukalapak yang sudah diredeem, penggantian berupa voucher sesuai dengan relasi yang dipilih penumpang," ucap dia.

Jajarannya, juga akan selalu menyampaikan perkembangan situasi dan kondisi terkini di media sosial.

1 dari 2 halaman

PT KAI Batalkan Beberapa Perjalanan KRL

batalkan beberapa perjalanan krl rev1

Banjir melanda sejumlah titik di Jakarta. Akibat banjir tersebut, perjalanan sejumlah kereta api terhambat.

"PT KAI Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf atas gangguan perjalanan KA disejumlah lintas yang terdampak cuaca buruk dan menyebabkan sejumlah prasarana jalur rel terimbas banjir," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, Rabu (1/1).

Eva mengatakan, untuk keberangkatan KA jarak jauh baik dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir tidak mengalami keterlambatan. Namun, pihaknya tetap mengimbau agar para pengguna jasa KA jarak jauh dapat mengatur keberangkatannya lebih awal menuju stasiun. Hal itu guna penumpang tak tertinggal kereta akibat banjir di Jakarta.

"Hingga kini seluruh tim PT KAI Daop 1 Jakarta terus melakukan pemantauan kondisi di lintas untuk dapat memastikan keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Api di sejumlah area jalur rel yang terdampak banjir," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Titik Jalur Kereta Terimbas Banjir

kereta terimbas banjir rev1

Berikut sejumlah titik jalur lintas KA di area Daop 1 Jakarta yang terimbas banjir :

1. KM 9+700 lintas antara Rawa Buaya - Batu Ceper ketinggian air mencapai 8cm di atas Kop Rel. Kondisi tersebut berdampak pada perjalanan KA Bandara dan KRL Relasi Tangerang - Duri, hingga pukul 07.50 WIB lintas belum dapat dilalui Kereta Api. Sejumlah perjalanan KRL dan KA Bandara dibatalkan.

2. KM 28+7 lintas antara Bekasi - Tambun berdampak pada kelambatan kedatangan perjalanan KA Jarak Jauh dan KRL yang harus mengurangi kecepatan saat melalui lokasi.

3. KM 2+7/8 terdapat genangan air antara Manggarai - Tanah Abang. Lintas tersebut masih dapat dilalui namun kecepatan perjalanan KA dibatasi saat melintas di lokasi.

4. Jalur 5 dan 6 Stasiun Tanah Abang terdampak luapan air dari kali Ciliwung dengan ketinggian air hingga 50 cm di atas Kop Rel. Perjalanan KA dari Stasiun Tanah Abang menuju Serpong/Parung Panjang/Maja dan Rangkasbitung tidak dapat dilakukan.

5. KM 17+4 lintas antara Pondok Ranji - Kebayoran ketinggian air mencapai 20 cm di atas Kop Rel dan Berdampak pada perjalanan KRL. Lintas belum dapat dilalui sehingga perjalanan KRL dari Parung Panjang/Serpong/Maja/Rangkasbitung hanya dapat dioperasikan s.d Pondok Ranji. Perjalanan KA dari arah Stasiun Tanah Abang belum dapat dilakukan. [idr]

Baca juga:
Demi Keamanan Warga, PLN Padamkan Listrik di 724 Wilayah Terdampak Banjir
Rumah Sinyorita Kebanjiran: Barang Hanyut, Gue Udah Keluar Rumah Untuk Ngungsi
Imbas Banjir, Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup Sementara
Anies Minta Wali Kota Hingga Lurah Bantu Warga Terdampak Banjir di Jakarta
Terdampak Banjir, Kereta Bandara Soekarno-Hatta Tak Layani Penumpang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini