Tengah Digempur Bencana, Indonesia Terima Utang Bank Dunia Rp 7,02 T

Jumat, 22 Januari 2021 11:41 Reporter : Dwi Aditya Putra
Tengah Digempur Bencana, Indonesia Terima Utang Bank Dunia Rp 7,02 T Mata Uang Dolar AS dan Rupiah. ©2020 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Bank Dunia kembali memberikan pinjaman kepada Indonesia sebesar USD 500 juta atau sekitar Rp7,02 triliun (kurs Rp14.050). Pinjaman tersebut diperuntukan untuk membangun dan memperkuat ketahanan keuangan fiskal terhadap bencana alam, risiko iklim, dan guncangan terkait kesehatan.

"Guncangan dan bencana seperti itu terus menerus menjadi ancaman bagi kemajuan pembangunan Indonesia," kata Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste, Satu Kahkonen dalam keterangan di Jakarta, Jumat (22/1).

Dari 2014 hingga 2018, pemerintah pusat membelanjakan antara USD 90 juta dan USD 500 juta per tahun untuk tanggap bencana dan pemulihan. Sementara, pemerintah daerah diperkirakan mengeluarkan tambahan USD 250 juta pada periode yang sama.

"Biaya bencana diperkirakan akan terus meningkat karena perubahan iklim dan pertumbuhan perkotaan, menambah beban belanja publik. Kebutuhannya sangat mendesak sekarang, dengan Indonesia mengalami berbagai dampak keuangan, fiskal, dan sosial akibat pandemi covid-19," ungkapnya.

Baca Selanjutnya: Menteri Sri Mulyani Apresiasi Utang...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini