Temukan Inovasi Finansial, BCA Gelar Finhacks 2019

Kamis, 21 November 2019 15:13 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Temukan Inovasi Finansial, BCA Gelar Finhacks 2019 bank BCA. REUTERS/Beawiharta

Merdeka.com - Teknologi yang terus berkembang dan perubahan perilaku nasabah mendorong institusi perbankan untuk terus melakukan transformasi. Termasuk di antaranya transformasi digital demi memberikan pelayanan prima kepada nasabah.

Maka dari itu, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menyelenggarakan BCA Finhacks 2019, yaitu financial hackaton. Kompetisi ini merupakan ajang di mana para developer atau praktisi IT berkumpul, berkolaborasi, dan berinovasi dalam menciptakan solusi inovatif di bidang finansial.

"Ini kontribusi kepada teman-teman dan komunitas pegiat teknologi informasi dalam memberikan dan mengembangkan ide-ide dan bakat mereka," kata Executive Vice President Digital Innovation Solution BCA, Jayaprawirya Diah, di Mini Kafe BCA, Jakarta, Kamis (21/11).

"Karena kami dari perbankan, tema yang kami angkat berkaitan dengan industri keuangan. Itu kenapa kita lakukan Finhack sejak 2016," sambung dia.

Sejak awal pelaksanaan di 2016, Finhacks selalu mengusung tema-tema yang berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi terkini dan kaitannya dengan sektor keuangan. Di 2019, tema yang diusung yakni teknologi blockchain dan penggunaannya di sektor keuangan.

"Tahun 2019 kita mencoba masuk ke dalam suatu teknologi yang menurut teman-teman ada yang populer tapi ada juga yang kontroversi, yang disebut adalah blockchain," jelasnya

Dia mengakui ada beragam pandangan yang berkembang baik di masyarakat, pelaku industri keuangan, hingga komunitas blockchain. Ajang ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang tepat terkait apa itu blockchain.

"Biasanya di komunitas blockchain mereka analoginya blockchain sama dengan bitcoin, cryto currency. Padahal kita justru meluruskan bahwa bitcoin adalah blockchain, tapi blockchain bukan bitcoin," terang dia.

"Kenapa karena bitcoin itu menggunakan teknologi blockchain. Jadi blockchain itu satu teknologi Yang kita lihat dapat diterapkan di baik industri perbankan maupun non industri perbankan," imbuhnya.

1 dari 1 halaman

Kategori Kompetisi

Kompetisi pun dibagi dalam tiga kategori. Pertama, terkait identity management atau pengelolaan identitas. Kedua inklusi keuangan. Ketiga terkait dengan Interbank setlement and remitance, pembayaran antarbank.

"Jadi kita melihat tema-tema apa yang berkaitan juga dengan Indonesia dan keuangan. Kita kerja sama dengan asosiasi blockchain Indonesia, tahun ini yang ikut cukup banyak," ungkapnya.

Finhacks 2019 akan berpuncak pada acara Demo Day Finhacks 2019, Sabtu (2/12) nanti. Dalam acara tersebut, 15 finalis dari 3 kategori tersebut akan mempresentasikan karyanya.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G Plate, Direktur Kebijakan Sistem Pembayaran BI Pungky P. Wibowo, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, dan Direktur BCA Vera Eve Lim dijadwalkan bakal hadir pada acara tersebut.

[bim]

Baca juga:
BCA Tak Khawatir Kalah Saing Oleh OVO dan Dana yang Tawarkan Bebas Biaya Transfer
Gandeng JCB International, BCA Incar Terbitkan 25.000 Kartu Kredit di 2020
BCA Ingatkan Potensi Gangguan di Harbolnas 11.11
Bank BCA Luncurkan Kartu Kredit untuk Nasabah yang Hobi Travelling ke Luar Negeri
Jadi Bank Buku II, BCA Bakal Suntik Bank Royal Sebesar Rp700 Miliar
Bos BCA: 75 Persen Transaksi Keuangan Kini Gunakan Mobile Banking
Ekonomi Melambat, BCA Revisi Target Pertumbuhan Kredit Jadi 8 Persen

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini