Tempat Wisata Tersembunyi di ASEAN Tak BanyaK Orang Tahu, Salah Satunya di Indonesia

Minggu, 19 Maret 2023 08:00 Reporter : Siti Ayu Rachma
Tempat Wisata Tersembunyi di ASEAN Tak BanyaK Orang Tahu, Salah Satunya di Indonesia Nusa Penida. ©2022 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Meredanya virus Covid-19 membuat masyarakat berbondong-bondong melakukan aktivitas tanpa batas. Tak hanya itu, tempat-tempat wisata yang sebelumnya harus tutup akibat pandemi, saat ini sudah bisa mulai beroperasi seperti biasa.

Sebab itu, banyak dari mereka ataupun pelancong-pelancong mancanegara untuk berlibur di dalam negeri atau luar negeri. Tempat-tempat populer pun menjadi incaran para pelancong itu.

Tetapi apakah Anda mengetahui, di balik tempat wisata populer yang terus dikunjungi wisatawan, ternyata ada tempat wisata yang tersembunyi, dan tidak kalah menarik nuansa yang diberikan oleh tempat tersebut.

Melansir dari prestigonline.com, ada beberapa tempat wisata tersembunyi yang berada di Asia Tenggara. Ingin tahu ada di negara mana saja?

Berikut deretan tempat wisata yang tersembunyi di Asia Tenggara:

2 dari 5 halaman

1. Kamboja

Kamboja merupakan daerah dengan pulau yang tenang serta memiliki beberapa daerah yang kuno. Tempat wisata seperti Angkor Wat dan Siem Reap menjadi salah satu pilihan pelancong global jika datang ke negara tersebut.

Namun ternyata Kamboja juga memiliki tempat wisata yang tersembunyi, yakni Banteay Chhmar dan Pulau Koh Ring, dua tempat ini jarang sekali tersentuh oleh pariwisata yang padat.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kamboja adalah dari November hingga Februari karena musim panas sangat panas di sini. Namun, hujan mulai turun dari bulan Juni dan seterusnya, membuatnya menyenangkan setelahnya.

3 dari 5 halaman

2. Indonesia

Indonesia dikenal dengan pariwisata Bali yang sangat memanjakan mata memandang. Bali juga menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan mancanegara untuk melakukan liburan ke Indonesia. 

Selain di Bali, apabila Anda ingin mempelajari sejarah, seni, dan budaya negara ini, maka Jakarta Tua adalah tempat tujuan Anda saat berada di Indonesia, yang memiliki banyak gereja, townhouse, dan museum. 

Tetapi, jika Anda mencari kedamaian dan ketenangan serta pecinta pantai yang rajin, maka Anda harus menuju ke Nusa atau Kuta Lombok. Meskipun bagian laut ini dapat dikunjungi sepanjang tahun, bulan Mei hingga September relatif kering dan mudah dijelajahi. 

Di Indonesia pun ada tempat wisata yang tersembunyi juga, yaitu Kuta Lombok dan Kepulauan Nusa. Di Kepulauan Nusa terdapat tiga pulau yakni Lembongan, Penida dan Ceningan.

Penida adalah salah satu dari empat pulau di Indonesia yang menjadi rumah makhluk lembut yang disebut Manta Ray. Jika Anda seorang penggemar menyelam, Anda dapat berenang bersama makhluk yang tidak berbahaya ini dengan menghubungi operator lokal yang mengatur penyelaman ini. 

Sering disebut 'surga tersembunyi', pulau-pulau ini pasti akan mengejutkan Anda dengan laguna tersembunyi yang tenang dan kolam alami saat Anda menjelajah lebih dalam.

Sementara untuk Kuta Lombok, pelancong tidak boleh bingung membedakan tempat ini dengan Kuta Bali, karena ini adalah versi yang sama sekali berbeda dari budaya Bali. Ada berbagai cara untuk mencapai tempat ini tetapi yang paling mudah adalah feri atau bus dari Ubud (Bali). Juga, Bandara Internasional Lombok hanya berjarak sekitar 20 menit dari keajaiban kecil ini.

4 dari 5 halaman

3. Malaysia

Malaysia adalah perpaduan budaya dan surga pecinta kuliner. Ini menjadikannya salah satu tempat terbaik untuk liburan juga, dengan bulan-bulan antara Desember dan April menjadi waktu terbaik untuk berkunjung. Sepanjang tahun, iklim panas dan lembab disertai gerimis ringan.

Meskipun Penang adalah salah satu tujuan jajanan kaki lima yang populer di dunia, Ipoh yang kurang dijelajahi memiliki penjaja yang menyajikan berbagai olahan ayam dan makanan laut yang wajib dicoba. 

Betapapun populernya Malaysia untuk makanan atau lainnya, hanya sedikit yang tahu tentang permata seperti Kepulauan Kapas dan Pahang.

5 dari 5 halaman

4. Thailand

Banyak yang tahu Thailand sebagai salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi di Asia Tenggara. Bukan hanya pasar terapung yang populer, pantai, toko jalanan, makanan jalanan, dan kehidupan malam, negara Asia Tenggara ini memiliki lebih banyak hal untuk ditawarkan. Jika Anda ingin merasakan Thailand di luar Pattaya dan Phuket , maka Anda perlu menjelajahi permata tersembunyi di sini. 

Seperti Nan yang merupakan bekas kerajaan dan terletak di lembah sepanjang perbatasan Thailand-Laos, Mae Hong Son dan Koh Kood (Kut) adalah beberapa tempat yang masih belum tersentuh oleh pariwisata yang padat. 

Sementara penggemar sejarah dapat mengunjungi Nan, yang dimasukkan ke negara itu pada tahun 1930-an karena sulit untuk mencapainya, penggemar satwa liar dapat menuju ke dua lainnya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Thailand adalah antara November dan April. Merkuri terletak antara 29-34 derajat celcius selama ini. Namun itu dapat dikunjungi sepanjang tahun karena suhu bervariasi di berbagai bagian negara. [idr]

Baca juga:
Wisata Gunung Bunder Bogor yang Menarik Dikunjungi, Ini Daftar Lengkapnya
Danau Sunter Jadi Destinasi Tempat Liburan Menarik Warga Ibu Kota
Tiket Hanya Rp 5 Ribu, Wisata Bumi Tirtayasa Suguhkan Makanan Desa dan Sawah Indah
Menikmati Susur Sungai Kapuas dengan Kapal Tingkat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini