Tempat Wisata Ramai, Pemda Diimbau Perhatikan Kapasitas Pengunjung

Sabtu, 15 Mei 2021 17:30 Reporter : Merdeka
Tempat Wisata Ramai, Pemda Diimbau Perhatikan Kapasitas Pengunjung Turis berjemur di Kuta. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengomentari laporan mengenai tempat wisata yang justru ramai pengunjung di tengah larangan mudik. Mengenai hal ini, dia meminta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memastikan kapasitas pengunjung hanya 50 persen dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Airlangga mengatakan, pemerintah sudah sejak awal mengatur tempat-tempat publik melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro. Mengenai implementasinya, diserahkan kepada Pemda masing-masing daerah.

"Sebetulnya pemerintah sudah jelas mengatur di PPKM mikro bahwa tempat-tempat publik itu diwajibkan untuk mengikuti prokes dan dibuka dengan 50 persen kapasitas. Dan tentu pengaturannya diserahkan kepada Pemda masing-masing," jelas Airlangga dalam konferensi pers pada Sabtu (15/5).

Sehingga, jika merujuk peraturan tersebut, katanya, yang dibolehkan adalah tempat wisata yang sifatnya komunal. Artinya, di aglomerasi wilayah tempat tinggal.

Mengenai hal ini, menurut Airlangga, pengaturan teknisnya ada di masing-masing Pemda. "Namun catatan dari seluruh regulasi yang dibuat dalam PPKM mikro adalah pakai masker, menjaga jarak dan cuci tangan," tuturnya.

Baca Selanjutnya: Harap Bisa Tekan Penyebaran Covid-19...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini