Telan Investasi Rp6 Triliun, Bandara Kediri Mulai Dibangun 15 April

Selasa, 10 Maret 2020 15:18 Reporter : Anggun P. Situmorang
Telan Investasi Rp6 Triliun, Bandara Kediri Mulai Dibangun 15 April Bandara Kediri. ©2020 Merdeka.com/airmagz.com

Merdeka.com - PT Angkasa Pura I akan melakukan ground breaking pembangunan Bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur pada 15 April mendatang. Pembangunan bandara tersebut rencananya akan menelan biaya sekitar Rp6 triliun yang berasal dari kerja sama dengan PT Gudang Garam.

Direktur Gudang Garam, Istata Taswin Siddharta mengatakan, pendanaan pembangunan tersebut berasal dari kas internal. Sejauh ini, pihaknya sudah melakukan sejumlah langkah pembebasan lahan.

"Investasi tadinya kita perkirakan diawal Rp1 sampai Rp10 triliun. Sekarang, kita lihat kira kira di angka Rp6 sampai Rp9 triliun. Kalau ditanya kapan mulai? Kita sih targetnya pertengahan April Ground Breaking. Minta restu dari bapak ibu semua semoga tercapai dan semoga masalahnya tak terlalu banyak," ujarnya di Plataran Menteng, Jakarta, Selasa (10/3).

Istata melanjutkan, pembangunan bandara tersebut ditargetkan rampung dalam dua tahun. Namun target tersebut bisa meleset mengingat medan di lokasi bandara.

"Kalau target kami sih maunya dua tahun. Tapi kalau kita melihat medannya, medan bukan yang terlalu mudah jadi memang kita tetap mengharapkan dua tahun. Tapi kalau meleset, yang penting buat kami kualitas lah. Timing lebih penting tapi kualitas lebih pentinglah," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Angkasa Pura I Faiq Fahmi mengatakan, Bandara Dhoho dibutuhkan untuk mengakomodir jumlah penumpang di Jawa Timur terutama Bandara Juanda. Di mana Bandara Juanda tahun ini akan mencapai 21 juta penumpang.

"Jawa timur itu membutuhkan kapasitas yang lebih besar lagi akibat karena adanya keterbatasan di Juanda. Jadi bandara yang di Juanda ini kapasitas maksimum adalah hanya 21 juta penumpang yang akan tercapai tahun ini. Dengan selesainya pembangunan terminal I," katanya.

Baca Selanjutnya: Bandara Dhoho Mampu Tampung 15...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini