Tekan Kerugian Pembelian Perumahan, Sistem Garansi Bakal Diterapkan

Selasa, 16 Juli 2019 17:35 Reporter : Merdeka
Tekan Kerugian Pembelian Perumahan, Sistem Garansi Bakal Diterapkan Perumahan. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF bersama Korean Housing and Urban Guarantee Corporation (HUG) berencana untuk menerapkan sistem garansi (guarantee) yang memungkinkan kepemilikan rumah dijamin prosesnya mulai dari riset hingga pelaksanaan pembangunan.

Mengingat, proyek pembangunan mangkrak kerap dialami pengembang. Tentu saja, kerugian bukan cuma dialami pengembang, tapi masyarakat yang sudah membayar down payment (DP). Dengan demikian, garansi ini diharapkan bisa melindungi konsumen dari pengembang dan perusahaan konstruksi nakal yang menghambat kepemilikan properti.

"Kalau ada guarantee kan bisa jelas tahapannya, mulai dari riset, perencanaan dan lainnya. Pengalaman pribadi, dijanjikan kontraktor satu tahun molor jadi 4 tahun. Intinya bisa melindungi konsumen," kata Direktur SMF, Trisnadi Yulrisman di Gedung Kementerian Perdagangan, Selasa (16/7).

Selain jaminan, ada kemungkinan harga unit bisa disesuaikan, namun tergantung faktor lokasi.

"Kalau di Korea, bisa. Tapi kita kan lokasinya lebih beragam dan land pricing terus naik karena ada poin menarik misalnya perumahan dekat LRT, MRT itu langsung diserbu habis. Mudah-mudahan daya beli masyarakat Indonesia mampu, sekarang juga masyarakat menengah semakin bertumbuh," tuturnya.

Untuk jumlah unit, SMF masih dalam tahap penjajakan, namun yang jelas tidak akan terlalu banyak. Untuk itu, SMF sudah berkomunikasi dengan setidaknya 10 pengembang yang fokus di hunian mungil. Sementara, konsep model bisnis adopsi sistem garansi ini diharapkan rampung awal 2020 mendatang agar bisa segera direalisasikan.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini