Tekan Impor Gas Elpiji, PLN Gaungkan Penggunaan Kompor Listrik

Rabu, 31 Maret 2021 18:15 Reporter : Anisyah Al Faqir
Tekan Impor Gas Elpiji, PLN Gaungkan Penggunaan Kompor Listrik PLN Sosialisasikan Kompor Listrik. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) berkomitmen membantu pemerintah dalam mewujudkan kemandirian dan ketahanan energi nasional. Caranya dengan membuat program konversi 1 juta kompor gas ke kompor induksi atau kompor listrik.

Direktur Utama PT PLN (Persero), Zulkifli Zaini memaparkan, berdasarkan data, Indonesia merupakan negara pengimpor gas LPG hingga Rp60 triliun yang disubsidi pemerintah hingga Rp50 triliun. Padahal di waktu yang bersamaan, pemerintah memiliki kelebihan energi listrik nasional mencapai 50 persen dari kebutuhan masyarakat saat ini.

"Tingginya impor gas dengan nilai kurang lebih Rp60 triliun dengan subsidi LPG Rp50 triliun per tahun," kata Zulkifli dalam konferensi pers virtual, Jakarta , Rabu (31/3).

Melihat kondisi tersebut, PLN menilai saat ini waktu yang tepat untuk melakukan transformasi penggunaan kompor gas LPG ke kompor listrik. Sebab selain bisa mengurangi impor gas, dalam waktu yang sama memanfaatkan kelebihan produksi listrik PLN.

"Dengan begitu, hemat kami secara tidak langsung akan menghemat subsidi LPG. Gerakan ini juga sekaligus mengatasi penyaluran subsidi LPG yang sulit tepat sasaran," kata Zulkifli.

Dalam program ini PLN bekerja sama dengan 9 BUMN karya untuk mewujudkan ketahanan energi dan mewujudkan energi bersih. Selain itu juga bekerja sama dengan Bank BTN untuk membuat skema pembiayaan konversi kompor gas LPG ke kompor induksi.

Baca Selanjutnya: Gandeng PUPR...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. PLN
  3. Gas Elpiji
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini