Tekan harga, Mentan Amran ajak ibu PKK tanam cabai di pekarangan

Senin, 23 Januari 2017 14:38 Reporter : Anggun P. Situmorang
Tekan harga, Mentan Amran ajak ibu PKK tanam cabai di pekarangan Mentan Amran Sulaiman. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman melakukan gerakan nasional penanaman cabai (GERTAM CABAI) bersama Ibu PKK di Bergas, Semarang, Jawa tengah. Gerakan tersebut dalam rangka menekan fluktuasi harga cabai belakangan ini.

"Ini (GERTAM CABAI) adalah solusi permanen untuk mengantisipasi harga cabai. Bayangkan kalau 60 juta rumah tangga tanam cabai, dan itu benar benar dilakukan. Hasilnya bisa dinikmati dalam 7 sampai 8 bulan," ujar Amran, di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Semarang, Senin (23/1).

Menteri Amran mengatakan, GERTAM CABAI pada dasarnya adalah ajakan Menteri Pertanian kepada seluruh masyarakat untuk melakukan penanaman cabai di lahan pekarangan.

"Penanaman cabai di pekarangan, merupakan salah satu solusi untuk membantu penyediaan cabai secara berkelanjutan di tingkat rumah tangga dan untuk mengatasi tingginya fluktuasi harga cabai yang terjadi setiap tahun," ujar Menteri Amran.

Dalam rangka mendorong GERTAM CABAI berjalan lebih efektif, Kementerian Pertanian melalui badan Ketahanan Pangan menggandeng dan melakukan penandatangan kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) dengan Tim Penggerak PKK nasional.

MoU ditindak lanjuti dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama (Memorandum of AgreemenleoA) antara Dinas Ketahanan Pangan dengan Tim Penggerak PKK Provinsi.

"Saya berharap ibu ibu PKK, mengajak masyarakat di lingkungan sekitarnya untuk ikut menanam cabai di pekarangan. Dengan begitu, masyarakat dapat melakukan pemotongan uang belanja," ujar Menteri Amran. [idr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini