Tekan Dampak Virus Corona, Garuda Indonesia Pilih Pangkas Rute Dulu Dibanding PHK

Selasa, 10 Maret 2020 09:55 Reporter : Anggun P. Situmorang
Tekan Dampak Virus Corona, Garuda Indonesia Pilih Pangkas Rute Dulu Dibanding PHK Pramugari Garuda Indonesia. Instagram @garuda.indonesia ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Virus Corona telah membuat bisnis penerbangan di seluruh dunia lesu bahkan sampai merumahkan karyawan. Maskapai asal Hong Kong, Cathay Pacific dikabarkan memangkas 40 persen jadwal penerbangannya dan meminta 33.000 karyawannya cuti tanpa dibayar hingga Juni.

Lalu bagaimana dengan maskapai dalam negeri?

Vice President (VP) Corporate Secretary Garuda Indonesia, Mitra Piranti, mengatakan saat ini pihaknya memang melakukan pengurangan jadwal terbang ke beberapa negara. Namun, belum ada rencana perusahaan melakukan pengurangan karyawan untuk menekan kerugian yang timbul.

"Sejauh ini tidak ada (PHK). Untuk antisipasi dampak dari penyebaran Covid-19 ini Garuda telah mempersiapkan beberapa strategi sebagai upaya mitigasi, diantaranya dengan memfokuskan perusahaan dalam pengembangan rute domestik dan regional," ujar Mitra kepada merdeka.com, Jakarta, Selasa (10/3).

Mitra melanjutkan, hingga kini pengurangan jadwal terbang dilakukan ke negara pusat infeksi Covid-19 yaitu China. Rute-rute China yang sementara ditutup adalah Beijing, Shanghai, Guangzhou, Zhengzhou, dan Xi’an.

"Saat ini juga dilakukan pengurangan frekuensi penerbangan ke Singapura dari yang sebelumnya 9 kali per day menjadi 5 sampai 3 kali per day. Selain dalam rangka antisipasi penyebaran virus Covid-19, pengurangan frekuensi ini juga dilakukan sebagai upaya menyesuaikan supply and demand dari kondisi pasar," paparnya.

Maskapai pelat merah tersebut juga menghentikan sementara penerbangan ke Arab Saudi menyusul adanya pembatasan masuk ke negara tersebut akibat virus corona. "Juga menghentikan sementara mengangkut jemaah Umroh dan penumpang dengan visa turis ke Arab Saudi menyusul adanya kebijakan dari GACA Arab Saudi perihal pembatasan kunjungan," tandasnya.

Baca Selanjutnya: Dampak Virus Corona: Maskapai Bangkrut...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini