Tarif Tol Cisumdawu Seksi I Dipatok Rp1.000 per Kilometer

Senin, 24 Januari 2022 19:15 Reporter : Idris Rusadi Putra, Aksara Bebey
Tarif Tol Cisumdawu Seksi I Dipatok Rp1.000 per Kilometer ridwan kamil. ©2022 Merdeka.com/humas pemprov Jabar

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil menyebut bahwa tarif Jalan Tol Seksi 1 Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu yang memiliki panjang sekitar 11,4 kilometer akan dipatok sebesar Rp1.000 per kilometer.

"Nantinya tarif tol Rp1.000 per kilometer," kata M Ridwan Kamil seusai meresmikan Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1 di Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (24/1).

Selama dua pekan ke depan, proyek yang diusulkan bernama Tol Ali Sadikin itu digratiskan untuk publik sebagai bagian sosialisasi.

"Pukul 06.00 WIB akan dibuka. Warga sudah bisa menggunakan secara gratis selama dua minggu sebagai bagian sosialisasi," terangnya.

Sementara untuk keseluruhan ruas Tol Cisumdawu sepanjang 62 km itu, Ridwan Kamil memastikan akan rampung pada bulan Juni 2022. Ruas tol ini akan tembus langsung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

"Untuk keseluruhannya pada Juni 2022 akan selesai dari Cileunyi tembus sampai Bandara Kertajati," ujarnya.

Mewakili masyarakat, Ridwan Kamil menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo dan Menteri PUPR atas dukungan infrastruktur darat yang sangat dinantikan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Pembangunan Tol

Dia optimistis, rampungnya Tol Cisumdawu secara bertahap akan berdampak pada peningkatan denyut perekonomian. Apalagi tol ini menjadi akses penunjang operasional Bandara Kertajati.

"Atas nama masyarakat saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden dan Menteri PUPR yang begitu luar biasa mendukung infrastruktur darat di Jabar. Dengan begini ekonomi Jabar bisa jadi yang terbaik di masa depan," katanya.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil mengungkapkan saat ini ada tujuh ruas jalan tol di Jabar yang sedang dikerjakan. Terbaru, yakni pada akhir Januari 2022 ini akan dilakukan groundbreaking pembangunan Jalan Tol Cileunyi - Cilacap.

"Enam sampai tujuh jalan tol sedang dikerjakan menandai pentingnya Jabar dalam konstelasi nasional. Yang terpanjang adalah minggu depan groundbreaking Tol Cileunyi sampai Cilacap, Jawa Tengah," kata dia. [idr]

Baca juga:
Ada Tol Cisumdawu, Jarak Bandung ke Bandara Kertajati Terpangkas 50 Persen
Menteri Basuki Minta Perbaikan Tol Trans Sumatera Tuntas Akhir April 2022
Pemerintah Siapkan Triliunan Rupiah untuk Ganti Rugi Lahan Tol Yogyakarta-Bawen
Duh, Gara-gara Google Maps Ojol Ini Kesasar Masuk ke Jalan Tol
Dimulai 2022, Ini Komponen Uang Ganti Rugi Lahan Terdampak Tol Jogja-Bawen
Sopir Mengantuk, Bus Pariwisata Terguling di Km 57 Tol Japek

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini