Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Ditetapkan Mulai Rp 112.500

Jumat, 5 April 2019 15:30 Reporter : Merdeka
Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Ditetapkan Mulai Rp 112.500 Tol Trans Sumatera. Istimewa ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan tarif jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar yaitu Rp 112.500 untuk kendaraan Golongan I.

Keputusan ini sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) PUPR Nomor 305/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

"Mengenai Bakauheni ke Terbanggi Besar sudah beroperasi dan kami sudah tetap kan tarif. Dari badan usaha sudah operasikan tetapi belum memberikan atau mentarifkan ke masyarakat karena selama ini sebagai sosialisasi," kata Danang di kantornya, Jumat (5/4).

Dia menjelaskan, tarif dari Pelabuhan Bakauheni ke Terbanggi Besar untuk Golongan I sebesar Rp 112.500, Golongan II sebesar Rp 168.500, Golongan III Rp 168.500, Golongan IV sebesar Rp 224.500, dan Golongan V sebesar Rp224.500. Meski sudah ditetapkan tarifnya, namun Danang menyerahkan kepada PT Hutama Karya (Persero) mengenai kapan akan diberlakukan.

"Kita kembalikan ke badan usaha saja. Karena pengalaman dari Sumatera Selatan, di mana memang Sumatera belum ada pengalaman mereka memanfaatkan jalan tol, sehingga kita meminta badan usaha untuk melakukan sosialisasi lebih lama," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap dengan beroperasinya ruas jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dapat mendongkrak investasi di Provinsi Lampung. Jokowi juga ingin jalan tol tersebut bermanfaat bagi pengembangan pariwisata di Kota Kain Tapis itu.

"Ini akan men-trigger investasi untuk masuk ke lokasi-lokasi yang berkaitan dan berdekatan dengan tol, ini yang kita koneksikan," ujar Jokowi di Gerbang Tol Natar Lampung Selatan, Jumat (8/3).

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini