Tangkal Dampak Virus Corona, Wapres Ma'ruf Minta PHRI Lakukan Inovasi

Senin, 10 Februari 2020 13:37 Reporter : Dwi Aditya Putra
Tangkal Dampak Virus Corona, Wapres Ma'ruf Minta PHRI Lakukan Inovasi Wapres Maruf Amin Bertemu Ormas Islam. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, meminta kepada Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) agar melakukan inovasi guna mengatasi penurunan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara akibat mewabahnya virus corona. Sektor pariwisata sendiri saat ini paling terdampak lantaran adanya virus asal China tersebut.

"Saya mengajak PHRI dan seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata untuk terus melakukan inovasi mengatasi penurunan jumlah kunjungan wisman akibat virus corona," kata dia dalam acara Munas PHRI, di Karawang, Jawa Barat, Senin (10/2).

Wapres Ma'ruf menyebut paling tidak upaya yang dapat dilakukan para pelaku usaha di sektor pariwisata mampu mengembangkan strategi untuk mendorong peningkatan wisatawan domestik sebagai tulang punggung industri perhotelan. Kemudian juga, memanfaatkan idle capacity fasilitas hotel pada saat low season.

"(Tangkal virus corona bisa juga dengan) Mengemas paket-paket promosi hotel dengan konvensi, events atau atraksi yang menarik bagi masyarakat, lembaga pemerintah, non pemerintah, kalangan bisnis, dan komunitas," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Uapaya Penanganan Virus Corona

Di sisi lain, Wapres Ma'ruf menyebut dalam upaya menanggulangi wabah virus corona pemerintah juga telah melakukan langkah antisipasi dengan mengoptimalkan penggunaan thermal scanner di bandara-bandara dan pintu masuk wisman serta menyiapkan rumah sakit dan fasilitas kesehatan.

Tak sampai di situ, upaya lain sudah dilakukan pemerintah yakni dengan penghentian sementara penerbangan ke atau dari China yang berlaku mulai tanggal 5 Februari 2020 kemarin. "Hal ini dimaksudkan untuk melindungi masyarakat kita dari kemungkinan yang tidak diinginkan," jelas dia.

Berbagai langkah yang diambil pemerintah itu, dikatakan dia, sepenuhnya didasarkan pada standar WHO dan praktik internasional dalam perlindungan kesehatan masyarakat.

"Lebih dari itu, kita juga tetap perlu meningkatkan kewaspadaan kita dengan melakukan tindakan pencegahan, seperti menjaga kebersihan lingkungan, serta makanan yang dikonsumsi dan menjalankan pola hidup sehat," tandas dia.

[bim]

Baca juga:
Suster di RS Wuhan Botaki Kepala Demi Rawat Pasien Corona, Ini Penampakannya
Sembilan Anggota Keluarga di Hong Kong Terjangkit Virus Corona Setelah Makan Hotpot
Dua Warga Inggris dan Spanyol Terjangkit Virus Corona di Prancis
Takut Terpapar Corona, Penumpang Kereta di Shanghai Kenakan Kantong Plastik
Dampak Wabah Corona, Produksi dan Pengiriman Nintendo Switch Mundur
WHO Kirim Tim ke China Untuk Investigasi Wabah Virus Corona

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini