Tangkal Dampak Resesi Akibat Perang Dagang, Pemerintah Andalkan Kinerja Pariwisata

Jumat, 4 Oktober 2019 11:42 Reporter : Merdeka
Tangkal Dampak Resesi Akibat Perang Dagang, Pemerintah Andalkan Kinerja Pariwisata krisis ekonomi akibat perang dagang. shutterstock

Merdeka.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memaparkan kondisi perekonomian dunia yang kini tumbuh melambat. Selain karena perang dagang AS-China, perekonomian global kini semakin diperparah dengan babak perang dagang baru antara AS-Uni Eropa.

"Dunia kita mengalami capital dry market, ini kering di pasar uang global. Ditambah lagi AS-Uni Eropa yang akan mengenakan tarif yang berdampak pada ekspor Indonesia," tuturnya di Batu, Jawa Timur, Jumat (4/10).

Dia menjelaskan pengenaan tarif yang diberlakukan Presiden Trump ke Uni Eropa akan mempengaruhi daya beli masyarakat AS. Ini secara langsung berdampak pada kebutuhan mereka akan produk-produk RI.

"Sebab itu langkah lainnya pemerintah meminta pariwisata ini jadi penerimaan devisa terbesar negara," ujarnya.

Oleh karena itu, menurut Menteri Enggar, perang dagang dapat dimanfaatkan suatu negara untuk memperburuk ekonomi global. "Begitu masalah finansial baik secara alamiah atau malah dijadikan senjata, maka perang dagang hanya akan mempercepat proses world crisis untuk lebih parah," tegasnya.

Reporter: Bawono Yadika Tulus

Sumber: Liputan6 [bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini