Tangkal dampak perang dagang, Kemendag minta masyarakat cintai produk dalam negeri

Selasa, 18 September 2018 13:52 Reporter : Merdeka
Tangkal dampak perang dagang, Kemendag minta masyarakat cintai produk dalam negeri

Merdeka.com - Perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan China berpotensi membuat Indonesia dibanjiri dengan produk-produk impor asal kedua negara tersebut. Hal ini perlu menjadi kewaspadaan di dalam negeri.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo mengatakan, setelah AS dan China saling menaikkan tarif untuk produk impor, keduanya akan mencari pasar baru untuk ekspor produknya. Salah satu negara yang terkena dampaknya yaitu Indonesia.

"(Perang dagang) Ini meningkatnya persaingan pasar, karena produk yang dihasilkan China dan AS akan mencari pasar ke negara lain. Indonesia salah satunya," ujar dia di Kantor Kemendag, Jakarta, Selasa (18/9).

Sekretaris Jenderal Kemendag, Karyanto Suprih, mengatakan untuk membentengi pasar nasional dari membanjirnya produk AS dan China masyarakat harus meningkatkan kecintaannya terhadap produk dalam negeri. Jika tidak, maka produk-produk AS dan China akan menguasai pasar Indonesia dan mematikan pelaku usaha di dalam negeri.

‎"Untuk itu kita harus meningkatkan kecintaan produk dalam negeri mulai dari diri sendiri, keluarga. Promosi cinta produk dalam negeri harus lebih sering dilakukan. Fesyen tanpa disadari banyak yang diminati di dalam negeri. Jadi kita harus waspada banyak yang banjir produk AS dan China yang masuk ke kita," tandas dia.

Reporter: Septian Deny
Sumber: Liputan6.com [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini