Tambah kapasitas produksi, Indocement bangun dua pabrik baru

Selasa, 14 Mei 2013 20:30 Reporter : Novita Intan Sari
Semen. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk (INTP) telah menggunakan dana anggaran belanja modal atau capital expenditure (Capex) pada kuartal 1 2013 sebesar Rp 200 miliar sampai Rp 300 miliar. Pada tahun ini, capex yang dianggarkan perseroan sebesar Rp 3 triliun sampai Rp 3,8 triliun.

Direktur keuangan INTP Tju Lie Sukanto mengatakan dana belanja modal telah digunakan untuk ekspansi usaha seperti pembangunan pabrik. "Kami telah menggunakan dana capex tersebut untuk pembangunan pabrik di Jawa Tengah dan luar Jawa," ujarnya usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) INTP di Wisma Indocement, Jakarta, Selasa (14/5).

Tju Lie menambahkan posisi kas perseroan saat ini sebesar Rp 11,1 triliun. Perseroan tidak memiliki beban utang hingga kini.

Emiten produsen semen ini tengah membangun pabrik penggilingan (cement mill) baru dengan kapasitas 1,9 juta ton per tahun di Citereup. Selain itu, perseroan akan segera membangun pabrik semen pada lokasi yang sudah ada (brownfield) berkapasitas 4,4 juta ton per tahun di Citereup.

"Saat ini kami juga dalam tahap akhir studi kelaikan untuk membangun dua pabrik semen baru (greenfield) dengan kapasitas produksi masing-masing minimal sebesar 2,5 juta ton per tahun," tutupnya. [bmo]

Topik berita Terkait:
  1. Ekspansi
  2. Bursa Saham
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.