Tak Terapkan Tata Kelola yang Baik Jadi Akar Masalah Perusahaan Asuransi

Selasa, 27 April 2021 14:20 Reporter : Merdeka
Tak Terapkan Tata Kelola yang Baik Jadi Akar Masalah Perusahaan Asuransi asuransi. igiftblog

Merdeka.com - Tata kelola yang baik menjadi faktor utama untuk penilaian terhadap kesehatan perusahaan, termasuk di sektor asuransi. Berbagai persoalan asuransi yang terjadi saat ini dinilai akibat kurangnya penerapan tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG).

"GCG ini kalau kita pakai metafora benar-benar seperti akar, tidak terlihat dari luar tapi yang terlihat adalah buah dan daunnya. Kalau GCG-nya bagus, sehat, kuat, itu buah dan daunnya dalam bentuk produk asuransi dan layanan yang baik yang dilihat orang," ungkap Direktur Pengawasan Asuransi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Supriyono dalam webinar Dialog Bisnis "Penerapan Good Corporate Governance di Industri Asuransi" pada Selasa (27/4).

Sejumlah masalah asuransi yang menjadi sorotan beberapa waktu belakangan adalah gagal bayar, seperti yang terjadi pada Jiwasraya dan Bumiputera.

Jika perusahaan bisa menerapkan tata kelola yang baik, kata Supriyono, maka akan menghasilkan bisnis yang mengedepankan prinsip usaha mengutamakan kelangsungan hidup perusahaan dan kepentingan para stakeholder. Kemudian akan berimbas menciptakan ketahanan industri.

Dia pun menyoroti pentingnya kecukupan struktur organisasi, yang tidak hanya sekadar ada. Namun, benar-benar menjalankan fungsinya termasuk komisaris.

Baca Selanjutnya: Komisaris Harus Kritis...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Asuransi
  3. OJK
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini