Tak Semua Perusahaan Semen Bisa Nikmati Batubara Satu Harga

Selasa, 25 Januari 2022 17:15 Reporter : Merdeka
Tak Semua Perusahaan Semen Bisa Nikmati Batubara Satu Harga tambang batubara. afp

Merdeka.com - Kementerian Perindustrian melalui Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil (IKFT) menyoroti, harga khusus batubara untuk pelaku industri semen dan pupuk sebesar USD90 per ton belum dirasakan oleh seluruh perusahaan semen nasional.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ridwan Djamaluddin tidak membantah hal tersebut. Menurutnya, harga batubara USD 90 per ton yang hanya sampai 31 Maret 2022 membuat perusahaan sulit melakukan kontrak jangka panjang.

Adapun kebijakan harga khusus batubara USD 90 per ton ini ditetapkan dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 206.K/HK.02/MEM.B/2021. Ketentuan harga ini berlaku hanya untuk jangka waktu 1 November 2021-31 Maret 2022.

"Setelah diterapkan, memang belum sepenuhnya terimplementasikan. Beberapa penyebab, tadi disebutkan kontrak jangka panjang," ujar Ridwan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Selasa (25/1).

Namun yang agak spesifik, Ridwan melanjutkan, ketika sudah ada kontrak antara perusahaan batu bara dengan perusahaan semen dengan harga tertentu yang dibuat sebelum 1 November 2021, apakah mengikuti kontrak atau mengikuti Kepmen ESDM 206/2021.

"Arahan terakhir yang kami terima dari Menteri ESDM adalah mengikuti Kepmen. Ini ditegaskan juga ketika beberapa perusahaan pupuk sudah mulai mengalami kekurangan pasokan," terangnya.

Ujaran tersebut turut ditanggapi Ketua Asosiasi Semen Indonesia (ASI) Widodo Santoso, yang mengharapkan adanya perpanjangan harga batu bara khusus untuk industri semen. Pihak asosiasi mengusulkan harga DMO batu bara untuk industri semen dan pupuk bisa diperpanjang, setidaknya hingga 12 bulan.

"Mengingat harga ekspor batubara masih tinggi, belum jelas kapan berakhir. Untuk itu perlu pengawasan yang lebih ketat dari Kementerian ESDM pada pelaksanaannya," tutur Ridwan.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Kemenperin: Belum Semua Industri Semen Nikmati Kebijakan Batubara Satu Harga
Stok dan Harga Batubara Hantui Industri Semen Dalam Negeri
Eropa Krisis Energi, Harga Batubara Tembus USD225 per Ton
Erick Thohir Dorong Hilirisasi Batubara untuk Kurangi Ketergantungan Impor LPG
Menteri Bahlil: Investasi DME di Muara Enim Bukan dari Jepang atau China
Presiden Jokowi Instruksikan Proyek Hilirisasi Batubara Beroperasi dalam 30 Bulan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini